-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kegiatan FKUU Forum Komunikasi U'lama Umara Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung Sebagai Sarana Silaturahmi U'lama Dan Pemerintah

Sabtu, 18 Desember 2021
Loading...

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Ayat Alquran  “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(-Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu maka kembalikanlah ia kepada Allah (Alquran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya,” (QS al-Nisa’/4:59).

Ulama adalah representasi fungsi kenabian yang bertanggung jawab untuk menuntun masyarakat, termasuk pemerintah, agar tetap di atas jalan yang benar, sebagaimana dijelaskan Rasulullah: Al-‘ulama’ waratsah al-anbiya’ (ulama adalah ahli waris Nabi)

.Adapun pemerintah (umara) adalah pemimpin eksekutif yang bertanggung jawab terhadap jalannya pemerintahan, yang dalam menjalankan kepemerintahan tersebut tidak boleh bertentangan dengan prisip yang dituntunkan oleh para ulama.

Ulama adalah representasi dan sekaligus pengawal ajaran Alquran dan hadis, sedangkan umara lebih pada implementator dari kebijakan universal yang digariskan oleh ulama.

Kedua-duanya berfungsi untuk mewujudkan masyarakat yang ideal, sebuah masyarakat yang mandiri dan berjalan di atas landasan dan prinsip yang benar.

Bertempat di Masjid Jami Alhasanah Kampung Cijagra Desa Cijagra Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung hari Jumat 17/12/2021 kegiatan rutin sebulan sekali FKUU Forum Komunikasi U'lama Umara di laksanakan.

Dengan jumlah hadir kurang lebih 40 orang kegiatan tersebut  hadiri unsur Forkopincam Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dan jajaran MUI tingkat Kecamatan dan Desa serta di hadiri tokoh Agama dan masyarakat sekitar.

AKP Thomas Budiono,SH Kapolsek Paseh Polresta Bandung  dalam amanatnya yang di sampaikan Aiptu Nandang Suhendi Kanit Binmas menyampaikan rencana pelaksanaan gebyar vaksinasi dan kepatuhan warga terhadap penerapan protokol kesehatan harus tetap di jalankan karena pandemi wabah covid-19 belum berakhir "pungkasnya.
(Taupik)