-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Fokuskan Pemeliharaan Ekosistem, HUT Kodam III/Slw Diperingati Di Garut

60menit.com
Selasa, 24 Mei 2022
Loading...

Fokuskan Pemeliharaan Ekosistem, HUT Kodam III/Slw Diperingati Di Garut


60menit.com 


60MENIT.COM,
Garut -
 Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P., dan Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo serta para pejabat Kodam III/Slw melaksanakan Touring Siliwangi dengan menggunakan kendaraan roda dua (motor) ke wilayah Korem 062/TN, berangkat dari Kodam III/Slw menuju wilayah Garut. 



Touring Siliwangi dilaksanakan dalam rangka bakti sosial, pengobatan gratis, vaksinasi, pemberian sembako dan baju layak pakai, serta penyuluhan ketahanan pangan ke wilayah Kabupaten Garut. Juga, untuk melaksanakan peringatan puncak acara HUT ke-76 Kodam III/Slw tahun 2022, kali ini dilaksanakan bersama masyarakat sekaligus akan melaksanakan Apel Komandan Satuan.


Dalam pelaksanaannya terbagi tiga etafe, etafe pertama dari Makodam III/Slw menuju Koramil 1108/Kadungora lalu menuju Koramil 1115/Cisurupan, dan finish di Mayonif R 303/SSM Kostrad. Pada setiap etafe dilaksanakan pengecekan serta menyerahkan bantuan sosial 100 paket Sembako, diberikan Pangdam III/Slw secara simbolis kepada perwakilan warga masyarakat dan Babinsa



Puncak peringatan HUT Ke-76 Kodam III/Siliwangi digelar di GOR Cempaka Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, dipimpin langsung oleh Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo, acara dengan mengusung tema “Bersama Masyarakat Jawa Barat Dan Banten Prajurit Siliwangi Kuat, Hebat, Profesional Serta Tangguh”.


“Perayaan HUT ke-76 Kodam III/Siliwangi dilaksanakan di Garut bersama-sama dengan masyarakat, diharapkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang selama ini sudah terjalin dengan baik tetap terjaga,” ujar Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, di sela-sela kegiatannya mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, di Desa Sukawargi Garut,  Senin (23/5/2022).



Lebih lanjut mengatakan, dalam rangkaian kegiatan acara syukuran tersebut memfokuskan memelihara Ekosistem dan upaya merestrukturisasi lahan tidak produktif. Dalam acara syukuran Pangdam III/Slw pun melakukan penyerahan paket Sembako, meninjau vaksinasi, dan pengobatan gratis di Desa Sukawargi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.


Lain hal, dalam upaya merestrukturisasi lahan tidak produktif akibat dari penggunaan pupuk kimia menjadi lahan layak tanam, disosialisasikan teknologi biologi yang diberi nama BIOS 44. Cairan BIOS 44 merupakan temuan Pangdam III/Slw yang mampu membuat lahan produktif juga berfungsi menormalisasi lahan untuk kembali seperti semula.


Sementara dalam memelihara ekosistem melaksanakan pelepasan burung dara, penanaman pohon, dan pelepasan ular tidak berbisa. Ular yang dilepas ada yang didapat dari masyarakat ataupun didapat sendiri, karena menurutnya, ular sebagai pemusnah hama seperti tikus, katak, dan lain-lain, sehingga dibebas liarkan untuk memelihara ekosistem secara alami.


Kendati itu, Pangdam III/Slw pun melakukan peninjauan inovasi teknologi hasil karya dari jajaran Korem 062/TN dan dilanjutkan meninjau UMKM dari Kabupaten Garut, kemudian melaksanakan penanaman pohon di sepanjang Jalan Desa Sukawargi sebanyak 300 pohon yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Garut  dan Pejabat Kodam III/Slw masing-masing beserta istri, ujarnya.


“Acara syukuran HUT ke-76 Kodam III/Slw tahun 2022 dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat, untuk bisa langsung mendengar apa yang menjadi potensi, ataupun sebagai sarana komunikasi dalam mencari informasi secara langsung,” ungkapnya.


Di akhir acara syukuran HUT ke-76 Kodam III/Slw tahun 2022, Pangdam III/Slw melakukan pemotongan tumpeng yang didampingi Ketua Persit KCK Daerah III/Slw diserahkan kepada perwakilan masyarakat dan kepada Babinsa, dilanjutkan penyerahan cinderamata dari Pangdam III/Slw kepada Bupati Garut dan kepada Kepala Desa Sukawargi, Kecamatan Sukawana Garut.


Hadir pada acara tersebut, Irdam III/Slw, Asrendam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw masing-masing beserta istri, juga turut hadir Bupati Kabupaten Garut beserta istri dan para Asisten Daerah Kabupaten Garut, serta pejabat lainnya. (T. Pro/Pendam III/Siliwangi)