-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Jaga Kegiatan Tetap Kondusif, Peltu Aseng Cek Semua Sub di Wilayah Sektor 8

60menit.com
Senin, 09 Mei 2022
Loading...

Jaga Kegiatan Tetap Kondusif,  Peltu Aseng Cek Semua Sub di Wilayah Sektor 8


60menit.com - Peltu Aseng bersama Dansub 2 Pelda Tata saat di bantaran Citarum

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Senin (09/05/2022) Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 8 yang berada dibawah Komando Kolonel Arm Nursamsudin, saat ini terus berupaya untuk melakukan penataan bantaran di wilayah tugasnya. Sektor yang terbagi menjadi 4 Sub ini, yang meliputi Sub 1 wilayah Desa Cilampeni dan Pamentasan, Sub 2 Desa Sulaiman dan Mekarrahayu, Sub 3 Desa Jelegong dan Gajahmekar serta Sub 4 yang meliputi Desa Nanjung dan Lagadar, terlihat rutin melaksanakan kegiatan kegiatan dalam rangka menjalankan Program pemerinta yaitu Citarum Harum. 


Dansektor 8, Kol Arm Nursamsudin saat Istirahat bersama anggotanya


Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai agar kembali menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Untuk wilayah di Sub 1 Desa Cilampeni, Satgas melaksanakan perawatan Taman dan Sarana Olah Raga (SOR). Sementara di sub 2, anggota melaksanakan pembabatan rumput liar dan membersihkan sampah yang terdapat di sepanjang bantaran dekat Oxbow Cicukang. Sementara Sub 3 dan 4, para maung Siliwangi tersebut bergabung melakukan penataan bantaran sungai Citarum di wilayah Daraulin


Sementara penataan bantaran dan pengerukan sedimentasi juga dilakukan dengan menggunakan alat berat yang bekerja sama dengan Pindad. Hal ini seperti yang disampaikan Peltu Aseng Sujana saat dikonfirmasi terkait kegiatan di wilayah sektornya. Kepada 60menit.com dirinya menuturkan, kalau selama ini satgas tetap konsisten untuk melakukan kegiatan kegiatan dalam rangka menjalankan Program Citarum Harum.


Perawatan bantaran oleh satgas sektor 8


" pada hari, setelah merayakan Hari Raya, kami satgas sektor 8 di tiap Subsektornya kembali melakukan kegiatan kegiatan dalam rangka menjalankan Perpres No. 15 Tahun 2018. Sedang saya melakukan patroli pengawasan di semua wilayah Subsektor. Diantaranya perawatan Taman dan SOR di Sub 1 Cilampeni, pengecekan kegiatan Sub 2 di dekat Oxbow Cicukang dan pemantauan kegiatan anggota di Sub 3 dan 4. Selain itu, saya juga melakukan pengawasan kegiatan penataan bantaran dengan alat berat di wilayah Daraulin", jelas Peltu Aseng 


Peltu Aseng sedang edukasi pemanfaat bantaran


Seluruh kegiatan ini, lanjut Peltu Aseng, bertujuan agar Percepatan pengendalian Pencemaran dan Kerusakan yang terjadi di DAS Citarum dapat segera terwujud. Tujuannya adalah, supaya kondisi sungai yang merupakan urat nadinya warga Jawa Bara, dapat segera kembali normal dan dapat berfungsi sebagai mana mestinya. sumber kehidupan bagi masyarakat luas. Selain itu, perapihan bantaran juga bertujuan agar sungai menjadi lahan hijau dan bisa dijadikan sebagai lokasi untuk bercocok tanam dalam rangka menjaga ketahanan pangan (T.Pro)