-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kanit Binmas Polsek Kertasari Aiptu Agus Amar Bersama Bhabinkamtibmas Desa Tarumajaya Monitoring Antisipasi Penyebaran PMK diWilayah Kertasari

Minggu, 22 Mei 2022
Loading...

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Kanit Binmas Polsek Kertasari Polresta Bandung Aiptu Agus AS bersama Bhabinkamtibmas Desa Tatunajaya dan Dinas Pertanian dan dinas Peternakan Kabupaten Bandung melaksanakan pemantauan dan monitoring di Kandang yang berlokasi di KPBS Desa.Tarumajaya Kp.Pajaten Desa.Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Sabtu ( 21/05/2022 ).

Kegiatan pemantauan dan monitoring ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah untuk mencegah penyebaran PMK di Wilayah Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung sehingga masyarakat nyaman dan tidak was-was dalam menghadapi PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) diwilayah Kecamatan Kertasari.

Kapolsek Kertasari Iptu Ahmad Nurdin Mengatakan Bahwa data yang ada di Kandang KPBS Desa. Tarumajaya jumlah Sapi yang ada kurang lebih 162 ekor hasil pemantauan belum ada temuan kasus PMK di Wilayah Kec. Kertasari Kab. Bandung. “Pengecekan dan monitoring ini untuk memastikan bahwa hewan ternak yang ada di Kertasari tidak terserang PMK yang sudah marak di berbagai wilayah di Indonesia,” Ungkap Kapolsek.

Bp Awan dari petugas peternakan KPBS tarumajaya menambahkan KPBS Desa.Tarumajaya selalu berkoordinasi dengan dinas terkait akan terus melakukan pengawasan dan memastikan pemberian vitamin kepada hewan ternak serta memberikan sosialisasi tentang kebersihan kandang agar tidak mudah terjangkit penyakit. “KPBS ini merupakan cabang dari KPBS  Pangalengan dan berhati hati selalu berkoordinasi dengan Dinas untuk selalu mengecek kesehatan sapi dari daerah yang sudah terjangkit PMK masuk ke wilayah kertasari apalagi diperjualbelikan,”imbuh Bpk Awan.

Sdr. awan menambahkan memastikan kebersihan kandang selalu dijaga dan pakan yang diberikan juga yang berkualitas, agar daya tahan sapi kuat dan tidak mudah sakit selain itu juga melakukan Bio Security yang ketat,.dimulai dari pintu masuk, pakan, pegawai dan kandang sapi, tuturnya.

“Kebersihan kandang selalu diperhatikan untuk mengurangi dan mencegah sapi sakit,” ujarnya.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo,. SH., SIK., MH Melalui Kapolsek Kertasari Iptu Ahmad Nurdin Mengatakan Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha kami terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan juga pengontrolan dari Dokter Hewan supaya kesehatan Sapi tetap terjaga dan sehat, serta Alhamdulillah belum di temukan adanya PMK. 

Kandang KPBS ini merupakan kandang terbesar yg ada di Kertasari yang berpusat di KPBS Pangalengan.dan kami selalu memonitor dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas. Agar selalu berkoordinasi di Lapangan.
(Taupik)