-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Konsistensi Satgas Citarum Sektor 8 Dalam Upaya Mengembalikan Ekosistem di DAS Citarum Tetap Terjaga Baik

60menit.com
Senin, 23 Mei 2022
Loading...

Konsistensi Satgas Citarum Sektor 8 Dalam Upaya Mengembalikan Ekosistem di DAS Citarum Tetap Terjaga Baik


60menit.com - Anggota satgas sektor 8 sedang benahi area sekitar bantaran

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Senin (23/05/2022) Pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembenahan bantaran yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum yang berada di bawah Komando Kolonel Arm Nursamsudin terus dilakukan. Tentunya hal ini dalam rangka mewujudkan sungai Citarum, supaya kembali menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Hal tentu sesuai dengan tujuan Perpres No 15 Tahun 2018 yaitu merevitalisasi Daerah Aliran Sungai  DAS Citarum.

Apel sebelum pelaksanaan kegiatan


Segala upaya tentu telah dilakukan oleh satgas Citarum, salah satunya sektor 8 dalam rangka mengembalikan Marwah sungai kebanggaan masyarakat Jawa Barat yang sempat rusak akibat adanya pencemaran yang disebabkan oleh sampah dan limbah ini. Hal ini seperti yang disampaikan Peltu Aseng Sujana salah satu anggota satgas sektor 8 saat di temui di bantaran wilayah tugasnya


" hari ini kita, Satgas Citarum sektor 8 melaksanakan beberapa kegiatan dalam rangka menjalankan program Citarum harum, sesuai dengan perintah Presiden yang bertujuan untuk merevitalisasi Daerah Aliran Sungai Citarum. Tujuanya adalah, agar fungsi sungai ini bisa kembali menjadi sungai bisa digunakan sebagai sumber kehidupan bagi masyarakat", ungkap Peltu Aseng



Kegiatan yang kami lakukan, lajut Peltu Aseng, meliputi pembabatan rumput liar liar di bantaran sungai Citarum, serta membersihkan sampah yang terdapat di sekitar lokasi tersebut. Selain itu, kami juga melakukan patroli pengawasan limbah industri dan juga melaksanakan sosialisasi terkait program Citarum harum kepada masyarakat, salah satunya dengan mengadakan Komunikasi Sosial (komsos)


" saat ini, kami juga sedang membenahi bantaran dengan menggunakan alat berat. Kami berharap dengan adanya kegiatan kegiatan ini, dapat menambah pemahaman dan pengetahuan warga, sehingga bisa merubah pola pikir/mindset masyarakat supaya menjadi lebih baik lagi", pungkas Peltu Aseng Sujana (T.Pro)