-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Lakukan Kegiatan Dengan Rutin, Satgas Sektor 6 Harapkan Masyarakat Termotivasi Untuk Lebih Peduli Lingkungan

60menit.com
Jumat, 03 Juni 2022

Lakukan Kegiatan Dengan Rutin, Satgas Sektor 6 Harapkan Masyarakat Termotivasi Untuk Lebih Peduli Lingkungan


60menit.com - Penanganan sampah oleh anggota satgas sektor 6 

60MENIT.COM, Kab.Bandung -  Jum'at  (03/06/2022) Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk memperbaiki ekosistem yang ada disekitar sungai Citarum, anggota Satgas Sektor 6 yang berada dibawah Komando Kolonel Arh Mohamad Zaini S.I.P., M. Sos, tanpa henti hentinya melakukan berbagai upaya dalam mengembalikan marwah sungai Citarum. Para maung Siliwangi ini rutin melaksanakan kegiatan kegiatan dalam rangka menjalankan Perpres No 15 Tahun 2018, yang bertujuan untuk Merevitalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.


Satgas bersama warga gotong royong bersihkan aliran sungai dari sampah


Perlunya dukungan dari seluruh elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan. Karena keberhasilan Program Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan yang terjadi di salah satu sungai terpanjang di wilayah Jawa Barat ini tidak lepas juga dari peran serta masyarakatnya. Hal ini seperti yang disampaikan Peltu Ade Nursaiman salah satu anggota Satgas Sektor 6 saat di minta keterangannya terkait kegiatan anggota Satgas di wilayah tersebut.


Kepada 60menit.com Peltu Ade menjelaskan," kami satgas Citarum Harum sektor 6 setiap hari rutin melaksanakan berbagai macam kegiatan dalam rangka mewujudkan program pemerintah yaitu Citarum Harum. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjadikan sungai kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini kembali menjadi sumber kehidupan dan berfungsi sebagai mana mestinya.", terang Peltu Ade


Serka Andir (Dansub 4) saat bersama Kades Ciheulang (Robi) dan Kades Buniwangi (Rudi)


Seperti pada hari ini, lanjut Peltu Ade, seluruh anggota di wilayah Sub nya masing masing, melaksanakan upaya untuk membenahi lingkungan di sekitar Sungai Citarum. Salah satunya seperti yang dilakukan anggota Sub 4 yang membina beberapa desa di wilayah tugasnya. Di lokasi tersebut, anggota melaksanakan pembersihan aliran sungai Cirasea yang melintasi RW. 17 dan Juga RW. 08 dari adanya sampah. Menginggat, sampah merupakan salah satu penyebab dari tercemarnya sungai Citarum. 


" Sungai Cirasea yang berada di wilayah Kecamatan Ciparay ini sering terdapat sampah yang terbawa aliran. Sedangkan sungai ini juga  berfungsi sebagai sumber pengairan bagi sawah yang ada. Sehingga kami selaku satgas, bersama dengan para kepala desa dan warga yang peduli, membuat jaring yang berfungsi untuk meminimalisir sampah yang terbawa arus sungai. Kami berharap, adanya kegiatan seperti ini, dapat membuat masyarakat khususnya warga yang tinggal disekitar wilayah tersebut, dapat termotivasi untuk mau mendukung jalannya program ini. Selain itu dengan adanya rutinitas yang kami lakukan, bisa merubah pola pikir (mindset) masyarakat menjadi lebih baik lagi. Karena, peran serta seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan dalam keberhasilan sebuah program. Tentunya tidak lupa kami juga selalu menghimbau, agar masyarakat khususnya warga yang berada disekitar bantaran sungai Citarum, untuk tidak lagi membuang sampah secara sembarangan, apalagi dibuang langsung ke aliran sungai". harap Peltu Ade Nursaiman menutup penjelasannya (T.Pro)