-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolsek Ciwidey: Perkokoh Semangat Kebhinekaan

Rabu, 01 Juni 2022

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Peringatan hari lahir Pancasila digelar serentak se Indonesia. Tak terkecuali di Polsek Ciwidey Polresta Bandung. Memanfaatkan teknologi virtual, Sebagian besar personil Polsek Ciwidey turut hadir mengikuti upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. Rabu, (1/6/2022).

Dalam kegiatan yang digelar di ruang Aula Center Mapolsek Ciwidey tersebut, nampak hadir Perwira Pertama Kanit Reskrim Polsek Ciwidey Iptu Gagan Sugandi, Kanit Provos Aiptu Ii Irawan, Kanit Intelkam Bripka Taufiqurrahman, Humas Polsek Ciwidey Aipda Ganda dan personil Posek Ciwidey dari setiap Unit Bhabinkamtibmas, Unit Reskrim dan SPK Polsek Ciwidey.

Dalam amanatnya, Presiden RI mengatakan, Pancasila telah menyatu sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan tidaklah semakin ringan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas, terutamanya rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan Ideologi.

Menghadapi hal tersebut, perluasan dan pendalaman Pancasila tidak bisa dilaksanakan dengan cara-cara yang biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama perkembangan revolusi industri dan sekaligus Pancasila harus menjadi  pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an.

Presiden mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pendidik dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dicita-citakan.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Ciwidey, IPTU Anjar Maulana, S.T.K., S.I.K., M.Si. menegaskan, peringatan hari lahir Pancasila hendaknya dijadikan momen mempersatukan bangsa dan mengukuhkan kembali semangat Bhineka Tunggal Ika dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang sengaja dihembuskan oleh pihak tertentu untuk memecah belah Indonesia.

“Mari bersama-sama meneguhkan kembali 4 pilar kebangsaan kita. Indonesia ada karena keberagamannya.” pesan Iptu Anjar saat dikonfirmasi oleh Aipda Ganda melalui sambungan seluler.

Nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia. Dimasa pandemi ini, nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan salah satunya dengan bersatu padu, saling bergotong royong menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”Pungkasnya.
(Taupik)