-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Wujud Cinta Alam, Dansektor 8 dan Komunitas Eco Enzyme Kembali Tingkatkan Mutu Air di Oxbow Cicukang

60menit.com
Minggu, 19 Juni 2022
Loading...

Wujud Cinta Alam, Dansektor 8 dan Komunitas Eco Enzyme Kembali Tingkatkan Mutu Air di Oxbow Cicukang


60menit.com, Kolonel Arm Nursamsudin (Dansektor 8) saat tuangkan cairan Eco Enzyme

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Minggu (19/06/2022) Komandan Sektor 8 Satgas Citarum Harum Kolonel Arm Nursamsudin, bersama dengan Komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung kembali menuangkan cairan multi fungsi di Oxbow Cicukang. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari rencana awal, yaitu penuangkan sekitar 13 Ton cairan Eco Enzyme, yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas air yang ada di Oxbow tersebut.


Kondisi Oxbow Cicukang saat ini


Perlu di ketahui, cairan multi guna ini di buat oleh komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung pimpinan Doddy, dan ini adalah cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik, seperti ampas buah dan sayuran serta gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu). Sedangkan pembuatan Eco Enzyme ini hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, dan sampah organik sayur mentah dan buah yang belum diolah.


Saat di temui dilokasi kegiatan, Komandan Sektor 8, Kolonel Arm Nursamsudin  menjelaskan," pada hari ini, kita Satgas Citarum Harum Sektor 8 bersama Komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung pimpinan Bapak Dody, kembali melaksanakan penuangan Cairan multi fungsi yaitu Eco Enzyme yang merupakan hasil dari fermentasi ke dalam Oxbow Cicukang", ucap Kol Nursamsudin


Dansektor 8, Kolonel Arm Nursamsudin saat semprotkan Cairan Eco Enzyme ke Oxbow Cicukang


Kita selaku Satgas, lanjut Dansektor, tentunya harus mendukung dan memberikan kesempatan terhadap adanya pihak lain, dalam hal ini dari komunitas penggiat lingkungan Eco Enzyme, untuk melakukan upaya dalam rangka mengembalikan Ekosistem yang ada di area sekitar sungai Citarum. 


" Tentunya hal ini juga sebagai bentuk dukungan dari komunitas, terkait adanya program Citarum harum. Kita selalu berharap, kedepannya bukan hanya Komunitas dan satgas saja yang terlibat dalam aksi ini, namun seluruh lapisan masyarakat, khususnya warga sekitar juga peduli dengan keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Masyarakat juga harus lebih peka terhadap kondisi lingkungan yang ada, sehingga program Citarum Harum bisa berjalan dengan baik dan lancar, dengan hasil yang optimal seperti harapan kita bersama", pungkas Dansektor 8 Kolonel Arm Nursamsudin


Dody (ketua Eco Enzyme Bandung) saat tuangkan cairan multi guna di anak sungai Citarum


Hal ini juga di benarkan Dody selaku ketua Komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung. Dirinya menyampaikan, jika penuangan Eco Enzyme ini terus berlanjut secara bertahap. Menurutnya kegiatan tersebut akan dilakukan setiap minggunya satu kali. Dody juga berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat mengedukasi masyarakat khususnya warga yang tinggal disekitar bantaran sungai, untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya Oxbow yang saat ini sedang di tangani. Dirinya menyampaikan, bahwa upaya ini bentuk dari kecintaan komunitas terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar. (T.pro)