-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Giat Monitoring Pelaksanaan Sosialisasi dan Pembinaan Keder Posbindu Tentang PTM (Penyakit Tidak Menular)

Selasa, 12 Juli 2022

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Dalam memberikan materi *PTM* disampaikan oleh *dr.Teddy Setiadi*, penyebab dan pencegahan penyakit tidak menular yaitu bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus atau bakteri.Namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup. *WHO* (world health organization) menyebutnya "(Non communicable Disease)*NCD*.(12/07/22).

Penyakit yang tidak menular langsung dari satu orang ke orang lain.Dominasi masalah kesehatan di masyarakat saat ini mulai bergeser ke penyakit menular menjadi ke arah penyakit tidak menular.

Penyebab kematian utama penduduk semua golongan umur pada saat ini disebabkan oleh *PTM* secara beruntun yaitu stroke, hipertensi, diabetes mellitus, tumor ganas/kanker,penyakit jantung dan pernafasan kronik.

Pencegahan penyakit tidak menular bisa dengan perilaku hidup sehat seperti tidak merokok, konsumsi lemak(minyak) tidak lebih dari 5 sendok makan per hari, aktifitas fisik minimal 30 menit perhari sebanyak 3-5 kali per minggu, tidak mengkonsumsi alkohol dan kendalikan stres.

Pelaksanaan sosialisasi dan pembinaan kader posbindu tentang *PTM* dilaksanakan selama 2 hari, dimulai dari Selasa 12 juli 2022 pembekalan materi dan Rabu 13 juli 2022.
(Taupik)