-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kapolsek Baleendah Hadiri Upacara Hari Veteran Nasional ke-73

Kamis, 11 Agustus 2022

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Sambut Hari Veteran Nasional ke-73, Kapolsek Baleendah Polresta Bandung Polda Jabar Kompol Sungkowo hadiri upacara di Gedung Juang Baleendah.

Upacara tersebut dipimpin langsung Bupati Bandung Dadang Supriatna dan dihadiri para veteran.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Baleendah Kompol Sungkowo mengatakan kegiatan tersebut merupakan penghargaan kepada para veteran.

"Kami berikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para veteran," katanya. Kamis, 11 Agustus 2022.

Kusworo juga menjelasakan para veteran ini adalah pahlawan yang turut berjuang memerdekakan Republik Indonesia.

Melansir dari Kementerian Pertahanan RI melalui laman kemenhan.go.id, pemilihan hari veteran pada 10 Agustus berdasarkan peristiwa sejarah yaitu gencatan senjata antara Indonesia dan Belanda pada 10 Agustus 1949. 

Pada 10 Agustus ditetapkan sebagai Hari Veteran Nasional karena memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan, serta sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari pemerintah dan rakyat Indonesia.

Selain itu, bertepatan dengan peristiwa gencatan senjata melalui perjanjian “Roem Van Royen”. Para Veteran Indonesia telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan melawan Tentara Belanda.

Veteran merupakan seseorang yang memiliki pengalaman di bidang militer (tempur) atau penegakan hukum (kepolisian). 

Lebih lengkapnya, Veteran Nasional Indonesia adalah warga negara Indonesia yang pernah bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah serta berperan aktif dalam peperangan ketika menghadapi negara lain.

Para veteran ini merupakan pahlawan yang telah mengorbankan tenaga, waktu, hingga nyawanya untuk mempertahankan negara demi kepentingan banyak orang.

Oleh karena itu, peringatan Hari Veteran Nasional selaras dengan ucapan Bung Karno, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.”

Indonesia sudah mengakui jasa-jasa Veteran RI melalui penerbitan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia. 

Melalui UU ini, Pemerintah Indonesia memberi tanda kehormatan kepada para Veteran RI. Selain itu, peringatan Hari Veteran Nasional ditetapkan diperingati setiap 10 Agustus.
(Taupik)