-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Penindakan Pelanggaran Lalulintas Knalpot Bising Oleh Jajaran Lantas Polsek Andir

Kamis, 11 Agustus 2022

60MENIT.com-Penindakan Pelanggaran Lalulintas Knalpot Bising Oleh Jajaran Lantas Polsek Andir.Kamis 11/08/2022


60MENIT.com-Polrestabes Bandung-polda Jabar- Jajaran Polsek Andir dari Unit Lalulintas dipimpin Kanit Lantas Akp Nyoman Boksen melaksanakan penindakan pelanggar lalulintas dengan sasaran pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot bising di sekitar Jl. Gardujati. Kamis (11/08/2022)


Selain menggunakan knalpot bising melanggar peraturan lalulintas dalam Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, juga mengganggu pengguna jalan lain karena suaranya yang memekakan telinga. Sebagaimana, bunyi pasal 285 Ayat 1 UU LAJ, yakni setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).


Kapolrestabes Bandung Kombes Pol H. Aswin Sipayung, S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Andir Kompol Tahir Muhiddin, S.E. S.I.K. menyampaikan kegiatan ini merupakan kelanjutan setelah pihaknya kepolisian memberikan himbauan dan sosialisasi mengenai larangan penggunaan knalpot bising.“Tadi sudah kita hentikan beberapa pengendara yang masih didapati menggunakan knalpot bising. Kita berikan tindakan berupa penilangan dan diharuskan untuk mengganti knalpot yang sesuai standar bawaan sepeda motor.