-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Sambut Hari Santri Nasional Kapolres Instruksikan Anggota Pakai Peci Dan Sarung Di Pundak

Rabu, 19 Oktober 2022

60MENIT.COM, Garut - Polres Garut Polda Jabar dalam hal ini Kapolres Garut Polda Jabar  AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si menginstruksikan kepada seluruh personil jajaran Polres Garut Polda Jabar untuk memakai Peci dan Sarung di Pundak.

Kapolres menyampaikan hal ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional yang tahun ini jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 Oktober 2022. 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa dalam memaknai hari santri dgn berpakaian santri sebagai bentuk apresiasi thd spirit santri.

"Semoga momentum hari santri ini dapat membawa kesejukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara." tutur Ibrahim Tompo.

Penggunaan Peci atau kopiah dengan sarung  karena atribut pakaian tersebut sudah menjadi ciri khas para santri yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut. Terutama para santri yang sedang mondok dipesantren.

Alasan dan latar belakang 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri nasional adalah untuk mengingat, menghargai, mengapresiasi peran historis para santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Peringatan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa perjuangan ulama melalui tokoh-tokoh Islam dan untuk memperingati peran besar kaum kiai dan santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing,.

Kapolres Garut Polda Jabar menyampaikan pemakaian peci dan sarung bagi anggota Polres Garut Polda Jabar dan jajaran dilaksanakan setiap hari hanya pada saat apel pagi mulai hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 sampai dengan hari Sabtu atau Minggu tanggal 22 Oktober 2022. 

Kegiatan dalam rangka menyabut Hari Santri nasional 2022 diadakan pada hari ini Senin tanggal 17 Oktober 2022 Pukul 08.00 Wib di Lapang Apel Mapolres Garut Polda Jabar Jalan Jenderal Sudirman No. 204 Kec. Karangpawitan Kab. Garut, Tingkat Polres Garut yang dipimpin oleh Kapolres Garut Polda Jabar  AKBP Wirdhanto Hadicaksono., S.I.K., M.Si,.

Hadir dalam kesempatan tersebut  para Kabag, para Kasat, para Kasie, para Perwira, Anggota Polri, Anggota ASN, serta PHL Polres Garut.

Rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari Santri Nasional di tingkat Polres Garut Polda Jabar telah berjalan dengan baik, tertib, lancar dan aman serta kondusif. 
(Taupik)