-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI
Cemilan Enak, Gurih dan Renyah (hanya 35K / Toples) : hubungi 081320002339

60Menit.co.id

Advertisement


Ciptakan Linmas Yang Tangguh, Binmas Desa Cinunuk berikan Ciptakan Linmas Yang Tangguh dan Profesional, Binmas Desa Cinunuk Berikan Pembinaan dan Pelatihan

Rabu, 09 November 2022

60MENIT.COM, Polresta Bandung - Untuk meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan Linmas di wilayah Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar melalui Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk Aipda Heri Maryadi mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota Linmas Sekecamatan Cileunyi yang dilaksanakan di Tempat Terbuka yang berlokasi di Wisata Batu Kuda Kp. Cikoneng Desa Cibiru Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung dengan jumlah Anggota Linmas Sebanyak 30 personil, Rabu (09/11/2022).

Dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan yang dipimpin Aipda Heri Maryadi mengatakan bahwa, tugas pokok Hansip atau Linmas adalah sebagai kekuatan rakyat yang terlatih mempunyai tugas pokok membantu dan memperkuat pelaksanaan di bidang perlindungan masyarakat serta membantu tugas Polri dalam tugasnya dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Selain Tugas Pokok, Linmas juga mempunyai fungsi utama yaitu melindungi masyarakat, setiap anggota linmas harus mampu menjaga keamanan di lingkungannya, selalu waspada terhadap kelompok radikal dan (teroris), antisipasi dilingkungan kerja dan masyaraksat terkait pungutan liar (pungli), dan bahaya narkoba dilingkungannya, tentunya perlu kordinasi dalam pelaksanaan dengan Polsek atau Bhabinkamtibmas yang ada,” Ujar Aipda Heri Maryadi.

Panit 1 Binmas IPTU Deni Darsono Melalui Bhabinkamtibmas Aipda Heri Maryadi menyampaikan Linmas adalah mitra Kepolisian yang ikut membantu menjaga keamanan dilingkungan desa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada anggota Linmas agar lebih siap dan punya wawasan dalam melaksanakan tugas,” jelas Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk Aipda Heri Maryadi.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan "tidak hanya arahan kepada para anggota Linmas saja, namun para anggota Bhabinkamtibmas juga diminta untuk melekat pada desa binaannya dan bekerja sama dalam pelaksanaan tugas dengan Linmas." ungkapnya.

Materi pembinaan tentang Pam Swakarsa dan juga latihan baris berbaris serta bela diri dipaparkan kepada para anggota Linmas Sekecamatan Cileunyi.

“Kami rangkul semua elemen masyarakat untuk aktif dalam menjaga keamanan desanya sendiri dengan mengaktifkan Siskamling yang ada. Serta bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di desanya masing-masing ” kata Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H.
(Taupik)