-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Polresta Bandung Laksanakan Pelatihan ESQ

Rabu, 09 November 2022

60MENIT.COM, Polresta Bandung - Guna meningkatkan kualitas pelayanan polisi kepada masyarakat, Polresta Bandung Polda Jabar melaksanakan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Selasa, 8 November 2022.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan diadakannya ESQ ini agar pelayanan anggota Polresta Bandung harus dilakukan tanpa pamrih.

"Tentunya dengan lebih humble, dengan tanpa pamrih, dengan lebih banyak senyum, dengan penuh keikhlasan dan ini juga merupakan tindak lanjut dari program quick wins," kata Kusworo. 

Tak hanya itu, ESQ ini juga untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Bandung.

"Anggota semakin bisa melayani masyarakat, semakin bisa di percaya oleh masyarakat dan semoga citra Polri semakin baik dan semakin dicintai oleh masyarakat," ujarnya.

Lanjut Kusworo, diselenggarakannya ESQ ini juga untuk membuat seluruh personil Polresta Bandung memiliki motivasi dari dalam diri. 

"Sekaligus memiliki why yang tinggi dan dari situ semoga bisa berbalik semua hal kebaikan dan bisa mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat," tuturnya.

"Pelatihan ini yang kami libatkan adalah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, kaitannya dengan pelayanan publik," ujar Kusworo.

"Diantaranya petugas-petugas dibagian SIM, dibagian SKCK, dibagian SPKT, para penyidik di Reskrim dan juga di ikuti oleh para kepala bagian, kepala satuan dan juga kapolsek," sambungnya.

Ditempat yang sama, Coach Satria Ramdani yang dipercaya untuk memberikan pelatihan kepada Polresta Bandung mengatakan ESQ ini untuk memadukan antara tiga kecerdasan, yaitu IQ, EQ dan SQ.

"Begitupun dalam pelayanan terhadap masyarakat, tentu secara intelektual polisi harus semakin paham lagi, dan harus bisa menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya," kata Ramdani.

Akan tetapi, lanjut Ramdani, yang dihadapi polisi adalah masyarakat. Bagaimana seperti halnya tribrata, harus juga melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

"Tapi yang paling penting adalah dimensi spiritualitas, tadi juga Pak Kapolresta menyampaikan harus ketemu whynya, alasan, bagaimana polisi ini hadir untuk menolong, membantu masyarakat," jelas Ramdani.

Maka dari itu, Ramdani berharap dalam pelaksanaannya harus terus dilakukan program maintenance.

"Tadi saya sangat bahagia sekali, karena pak kapolresta Bandung mengatakan akan ada juga pelatihan-pelatihan lain, itu mau dengan ESQ atau tidak, tetapi memang soft skil ini harus terus diasah," tutup Ramdani.
(Taupik)