-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ratusan Prajurit Terbaik Kodam III/Slw Satgas TNI Konga Unifil Lebanon, Jalani Latihan Pratugas

60menit.com
Selasa, 06 Desember 2022

Ratusan Prajurit Terbaik Kodam III/Slw Satgas TNI Konga Unifil Lebanon, Jalani Latihan Pratugas


60menit.com


60MENIT.COM,Kab.Bandung - Pelibatan Indonesia dalam tugas pemeliharaan perdamaian dunia merupakan cita-cita dan kebijakan politik Indonesia, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 juga tugas pokok TNI dalam UU RI No. 34 TH 2004, yaitu tugas pemeliharaan perdamaian dunia sebagai bagian dari Operasi Militer Selain Perang (OMSP)



“Kodam III/Siliwangi mendapatkan kepercayaan untuk memberangkatkan prajuritnya dan bergabung dengan pasukan pemeliharaan perdamaian Satgas TNI Konga Unifil Lebanon TA 2022,” ujar Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen di Media Center Kodam III/Siliwangi Jl. Aceh No.69 Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (6/12/2022)


Lanjut dikatakannya, hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Kodam III/Siliwangi yang telah diberikan kepercayaan, dimana prajuritnya dapat terlibat dan melaksanakan tugas misi pemeliharaan perdamaian dunia di bawah bendera PBB. Tugas dan kepercayaan tersebut merupakan suatu kehormatan mengharumkan bangsa Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia.



Sementara itu untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut, dibutuhkan kemampuan dan keterampilan yang handal agar prajurit dapat melaksanakan tugas secara berhasil dan berdayaguna.  Oleh karena itu dalam mempersiapkannya, Kodam III/Siliwangi saat ini sedang menggelar latihan pratugas guna membekali setiap prajurit agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam menghadapi tugas.


Prajurit yang terpilih melaksanakan Satgas TNI Konga Unifil Lebanon TA 2022 terbagi dalam 6 Satgas, yaitu Force Headquarters Support Unit (FHQSU)  30 orang, Satgas  Force Protection Company (FPC) 125 orang, Satgas Military Police Unit (MPU) 40 orang , Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU) 18 orang, Satgas Civil Military Coordination (CIMIC) 7 orang dan Hospital 9 orang, total keseluruhan 229 orang. 


“Mereka dilatih sejak 22 November  hingga 7 Desember  2022 yang dipusatkan di Secaba Rindam III/Siliwangi  Jl. Bukit Arcamanik, Sindanglaya, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat,” jelasnya.


Sementara itu materi latihan yang diberikan pada hari ini, Selasa (06/12/2022) diantaranya meliputi Praktek Morning Brief, Praktek CRC Exsercise dan Praktek STIR. Sedangkan untuk besok Rabu (07/12/2022), materi yang akan disampaikan Praktek Contijensi Plan, Praktek CRC dan Praktek STIR & ROE.


Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang juga sebagai Pimpinan Umum Latihan didampingi Pejabat Utama Kodam, pada Selasa 29 November 2022 telah meninjau langsung pelaksanaan latihan peserta Satgas.


Selain Pangdam III/Siliwangi,  pelaksanaan latihan pada hari ini Selasa (06/12/2022) juga mendapat kunjungan dari Paban VII Ops LN dan Pabandya 2/ Waasops LN Spaban VII/LN Mabesad. 


Kapendam menambahkan kesiapan personel Kodam III/Siliwangi dalam melaksanakan tugas operasi pemeliharaan perdamaian dunia tidak terlepas dari pembinaan rutin satuan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi)