-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Berhasil Dalam Tugas Dan Kembali Lengkap, Itu Adalah Prestasi

60menit.com
Minggu, 08 Januari 2023

Berhasil Dalam Tugas Dan Kembali Lengkap, Itu Adalah Prestasi


60menit.com


60MENIT.COM, Jakarta- Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam lll/Siliwangi Mayjen TNl Kunto Arief Wibowo pimpin upacara  penyambutan Prajurit Yonif Raider 301/PKS, usai purna tugas Operasi Satgas Satuan Organik di wilayah Papua, bertempat di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Minggu (08/01/2023).



Dengan menggunakan KRI Teluk Hading 538, sebanyak 450 personel Yonif 301/PKS usai purna tugas, dibawah pimpinan Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany tiba di Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara. Sebagai bentuk penghargaan dilakukan upacara penyambutan.


Pangdam III/Siliwangi dalam amanatnya yang dibacakan Kasdam menyampaikan, selaku Pangdam III/Siliwangi beserta segenap jajaran Kodam III/Slw mengucapkan Selamat dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit Satgas Yonif Raider 301/PKS atas Dharma Baktinya yang telah melaksanakan Operasi Satgas Satuan Organik di wilayah Papua selama 10 bulan sejak 3 Maret 2022. 



“Berhasil dalam tugas dan kembali lengkap itu adalah prestasi. Keberhasilan ini tentu saja memberikan rasa bangga yang tinggi tidak saja bagi Yonif Raider 301/PKS, tetapi juga Kodam III/Siliwangi dan masyarakat Jawa Barat,” tuturnya.


Lanjut dikatakannya, keberhasilan yang diraih Satgas 301/PKS selama di daerah penugasan diantaranya berhasil membentuk jaring terhadap sumber informasi dan data gerakan Kelompok Separatis Teroris Papua, melaksanakan Ambush pengawasan Perimeter sekitar Pos serta kegiatan Binter unggulan berupa Kios Ekonomi Kreatif. Keberhasilan ini tentu saja memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dan daerah penugasan.

 

“Dengan telah selesainya tugas operasi, maka secara formal Satgas Yonif Raider 301/PKS telah purna tugas dan akan segera kembali ke home base di Cimalaka Kabupaten Sumedang. Pengalaman tugas Satuan ini akan menambah catatan sejarah Dharma bakti pengabdian Batalyon dalam kiprahnya menjaga kedaulatan NKRI. Catatan sejarah sebagai kebanggaan diri dan satuan Yonif Raider 301/PKS,” paparnya.

 

Pangdam menegaskan, bahwa dengan telah berakhirnya tugas sebagai Satgas organik di Papua, segera menyesuaikan diri dengan kondisi satuan dan lingkungan serta tidak larut dalam kegembiraan yang berlebihan, karena menurutnya hal ini akan berdampak negatif terhadap perilaku. 


“Tugas ini hanyalah sebagian dari tugas-tugas yang lain. Masih banyak penugasan ke depan yang harus kalian tunaikan, terutama terkait dengan pengamanan wilayah dalam rangka menjaga kondusivitas negara untuk kepentingan pembangunan nasional,” tegasnya. 


Mengakhiri amanatnya Pangdam perintahkan kepada Danyon Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany dan unsur pimpinan di satuan Yonif Raider 301/PKS segera laksanakan konsolidasi dan inventarisasi baik personel maupun materiil, membuat laporan secara lengkap, akurat dan benar, terutama munisi, bahan peledak dan senjata, sehingga semua alat peralatan satuan dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya. 


Selain itu Pangdam juga mengingatkan agar memperhatikan faktor keamanan saat Serpas menuju home base dan saat pelaksanaan cuti operasi serta mengecek kesehatan prajurit dan segera beradaptasi dengan kegiatan dan program kerja di satuan. 


Dalam kesempatan itu dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan Satya Lencana Wira Dharma secara simbolis kepada Danyonif Raider 301/PKS oleh Kasdam III/Slw dan penyerahan buku laporan Purna Tugas oleh Danyonif Raider 301/PKS kepada pimpinan upacara (Kasdam). 


Selepas upacara penyambutan, dilanjutkan pemeriksaan materiil yang dibawa perorangan maupun satuan dipimpin Wadanpomdam III/Siliwangi serta pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya Satgas yang purna tugas kembali ke Kesatuan Yonif Raider 301/PKS di Cimalaka Kab. Sumedang, Jabar.

 

Turut hadir pada acara tersebut, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III/Siliwangi, Dansatlinlamil TNI AL, Dandenma Kolinlamil TNI AL, Komandan Kapal Teluk Hading 358, Danrindam III/Siliwangi, Asops, Aspers dan Aslog Kasdam III/Slw, Pa Liaison Officer TNI AL dan AU, Kahubdam, Kapaldam, Katopdam, Kabekang, Kakesdam, Kapendam, Kaajendam III/Slw, Danbrigif 15 Kujang II, Waasintel, Wadanpomdam, Dandenzibang Bogor serta para Danyon jajaran Kodam III/Slw. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi)