-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Polres Ciko Ungkap Perkara Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan Menggunakan Senpi

60menit.com
Selasa, 03 Januari 2023

Polres Cirebon Kota

60MENIT.COM, CIREBON | Berawal dari laporan Polisi yang dibuat korban berinisial SS warga Lemahwungkuk Kota Cirebon AH warga Kesambi Kota Cirebon, dan DN warga Kelapa Gading Kota Jakarta Utara. Polres Cirebon Kota Polda Jabar mengungkap Perkara Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Pelaku Curat menggunakan Senpi). Selasa (3/2/2023).

Waktu dan tempat kejadian ada dibeberapa tempat yang berbeda antara lain pada Hari Sabtu tanggal 06 Januari 2018 diketahui sekitar Pkl. 22.00 Wib di Jl. Melati No. 48 Kel. Kesambi Kec. Kesambi Kota Cirebon.

Pada hari Minggu tanggal 03 Juli 2022 diketahui Pukul 18.00 Wib di Jl. Raya Kesambi No.64 Rt.02/04 Kel. Kesambi Kota Cirebon.

Hari Minggu tanggal 01 Januari 2023 diketahui sekitar Pkl. 14.45 Wib di Jl. Simaja Utara No. 01 Rt. 05/06 Kel/Kec. Kesambi Kota Cirebon.

Tim Khusus Polres Cirebon Kota melakukan penyelidikan terkait tindak pidana tersebut, selanjutnya pada hari Minggu tanggal 01 Januari 2023 sekitar Pkl. 14.45 Wib para terduga pelaku berhasil diamankan di perempatan lampu merah Kp. Jabang Bayi Jl. Kesambi Kota Cirebon.

Adapun tersangka yang sudah diamankan berinisial J yang berperan sebagai Eksekutor, BD berperan sebagai Eksekutor, JS berperan sebagai joki, dan DS berperan sebagai Joki.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si memberi apresiasi kepada Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar atas kesigapan dan kerja kerasnya berhasil mengungkap tindak pidana pencurian dengan pemberatan yang meresahkan masyarakat.

Kapolres Cirebon Kota Polda Jabar AKBP. DR. M Fahri Siregar S.H, SIK, MH. mengungkapkan kronologis kejadian di beberapa TKP tersebut bahwa Pada hari Minggu tanggal 03 Juli 2022 sekitar Pkl. 18.00 Wib korban sedang berada di dalam kamar depan lalu mendengar suara gedor-gedor pintu, kemudian korban keluar kamar untuk memeriksa, disaat korban keluar kamar melihat terduga pelaku sedang berdiri di ruang tamu lalu korban yang merasa curiga menegur terduga pelaku.

Terduga pelaku yang menyadari bahwa telah dipergoki oleh korban kemudian menodongkan senjata api ke arah korban sambil mundur keluar rumah dan kabur bersama terduga pelaku lainnya yang sudah stand by diluar dengan menggunakan Sepeda motor.

Pada hari Minggu Tanggal 01 Januari 2023 sekitar jam 14.00 Wib korban pergi hendak mencukur rambut dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong serta pintu, jendela dan pagar rumah dalam keadaan terkunci. Kemudian pada sekitar Pkl. 14.45 Wib saksi (Ibu Korban) lewat dari depan rumah korban dan melihat pintu gerbang depan rumah korban dalam keadaan terbuka lalu saksi langsung menghubungi korban menanyakan keberadaannya.

Setelah pulang korban melihat pintu pagar depan rumah sudah dalam keadaan terbuka dan gemboknya hilang satu. Korban yang merasa curiga lalu masuk kedalam rumah dan memeriksa kondisi di dalam. Setelah diperiksa korban melihat uang tunai dan 5 (lima) buah Laptop sudah hilang.

Kerugian para korban berupa Uang tunai dalam bentuk pecahan Yuan Cina sekitar 20.000 CNY dan 5 (lima) buah Paspor, Korban mengalami kerugian kerusakan kunci gembok pagar dan kunci rumah. Korban mengalami kerugian sebesar ± Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah). Dengan rincian Uang tunai sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah), 5 (lima) unit Laptop berbagai merk, dan Kartu-kartu identitas dan ATM.

Barang bukti yang diamankan antra lain Uang Tunai senilai Rp. 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah) milik korban (TKP Jl. Simaja), 5 (lima) unit laptop milik korban (TKP Jl. Simaja), Berbagai macam perhiasan milik korban (TKP Jl. Simaja dan TKP Jl. Prujakan, 1 (satu) pucuk senjata api rakitan jenis revolver (dikuasai Sdr. JOHAR), 6 (butir) peluru tajam

1 (buah) senjata tajam (dikuasai Sdr. DEDI SAMSUYADI), 3 (tiga) buah obeng, 1 (satu) buah linggis pendek, 2 (dua) buah linggis panjang, 1 (satu) buah kunci inggris, 2 (dua) buah kunci "L", 1 (satu) buah kunci palsu untuk membuka gembok, dan 2 (dua) unit SPMT jenis Honda Vario warna hitam, Yamaha X Gear warna perak (digunakan para pelaku). Tambahnya.

Selain di ketiga TKP tersebut para terduga pelaku juga mengakui telah melakukan beberapa kali di tempat lain diantaranya di Jl. Prujakan sebanyak 3 kali, Jl. Kesunean 1 kali namun dari beberapa TKP tersebut tidak berhasil dikarenakan pada saat melakukan tindak pidana diketahui pemilik / penghuni rumah.

Sebelum melakukan tindak pidana (1 atau 2 hari sebelumnya) para pelaku biasanya melakukan pengamatan dan memeriksa TKP. Para pelaku sengaja mencari dan memilih sasaran dengan kriteria warga keturunan (etnis Cina) dengan alasan bahwa hari Minggu para penghuni akan keluar rumah untuk melakukan ibadah.

"Sebelum melakukan beberapa kali tindak pidana di wilayah hukum Polres Cirebon Kota, para pelaku juga mengakui melakukan tindak pidana yang sama di wilayah Kota / Kab. Bandung lebih dari 20 kali”. tutur Kapolres.
** Tim R