-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sinerji Jaga Kamtibmas Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Ciluluk Sosialisasi Pencegahan Chiki Ngebul Kepada Pedagang di Depan SD N 1 dan 2 Ciluluk

Sabtu, 21 Januari 2023

60MENIT.COM, Polresta Bandung - Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Ciluluk Aipda Gelar Nugraha dan Serka Acu Samsudin melaksanakan sosialisasi pencegahan konsumsi jajanan Chiki Ngebul (cibul), Sosialisasi tersebut dilaksanakan kepada Pedagang dibdepan SDN 1,2 Ciluluk Desa Ciluluk Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Sabtu ( 21/01/2023 ). 

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Cikancung Akp. Carsono. SH mengatakan selain Sosialisasi pencegahan konsumsi jajanan Chiki Ngebul ke Sekolah sosialisasi tersebut disampaikan juga ke pedagang-pedagang sekitar sekolah.

"Hari ini kami mensosialisasikan pencegahan konsumsi jajanan Chiki Ngebul ke sekolah-sekolah dan pedagang-pedagang sekitar sekolah, yang berada di wilayah Desa Ciluluk".

"Himbauan tersebut bahwa chiki ngebul yang dapat mengakibatkan infeksi pada lambung dan usus, serta makanan lainnya," sambung Carsono. SH.

Akp. Carsono. SH menjelaskan sosialisasi ini berkaitan dengan semua makanan yang membahayakan. Semisal makanan yang mengandung pewarna, pengawet, bahan-bahan berbahaya seperti formalin.

"Khususnya chiki ngebul yang saat ini sedang viral, kepala sekolah supaya bisa memilah atau memilih apa yang bisa diperdagangkan," tutur Kapolsek Cikancung Akp. Carsono. SH 

"Dan juga menginformasikan kepada anak-anak didiknya supaya tidak mengkonsumsi makanan yang berbahaya tersebut," tegasnya.

Lanjut Kapolsek Cikancung Akp Carsono. SH, Chiki Ngebul ini mengandung bahan nitrogen cair yang bisa merusak usus, lambung dengan gejala-gejala seperti sakit perut.

Perlu diketahui, Chiki Ngebul merupakan salah satu makanan Jajanan Viral yang menggunakan nitrogen cair sebagai bahan utamanya. Di Indonesia, cikbul ini menarik perhatian banyak orang, termasuk anak-anak.

Saat kita memakannya, mulut kita akan mengeluarkan asap. Inilah yang membuat orang-orang, termasuk anak-anak tertarik untuk mencobanya.

Namun siapa sangka, Chiki Ngebul ini disebut berbahaya dan telah menelan banyak korban anak-anak.

Hingga saat ini, tercatat ada korban anak-anak karena Chiki Ngebul di Jawa Barat. Bahkan salah satu korban di Ponorogo Jawa Timur mengalami luka bakar di muka, leher, tangan dan badannya.

Anak-anak yang mengalami sakit akibat Chiki Ngebul ini menunjukan gejala sakit perut, pusing, mual dan muntah serta terjadinya peradangan di dinding usus.

Maka dari itu, hingga saat ini banyak sekali peringatan yang dilayangkan di sosial media untuk menghindari mengkonsumsi Jajanan Viral yang satu ini.
(Taupik)