-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung Menuju Predikat Wilayah Bebas Korupsi Birokrasi dan Bersih Melayani

60menit.com
Rabu, 06 Juni 2018

Karumkit (Kombes Pol. dr.Farid Amansyah, S.Ppd) kiri - Bersama Ketua Tim Asistensi Pemb. Zona Integritas Itwasum Mabes Polri (Kombes Pol. Agus Sukamso) dan Irwasda Polda Jabar
(Kombes Pol. Drs. Suradiyana)


BANDUNG, 60MENIT.COM - Tim Asistensi pembangunan Zona Integritas (ZI) Inspektorat Polri yang ada di bawah naungan Itwasum Mabes Polri pimpinan Kombes Pol Agus Sukamso, melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Polda Jabar yang beralamat di Jalan Moch.Toha No.369 Bandung Pada Selasa, (5/6/2018) kemarin.


Acara yang digelar di lantai 3 ruang rapat Rumkit Sartika Asih ini dihadiri antara lain oleh Karumkit Kombes Pol dr.Farid Amansyah, S.Ppd, Wakarumkit AKBP dr.Agung Santosa, S.Pm, M.Hkes, Kasubbag Lakgrter Baglak Garrev Rojemengar Srena Polri AKBP Eko Suprihanto serta para staf pimpinan dan pejabat utama RS.Sartika Asih.


Dari penuturan Kombes Pol dr.Farid Amansyah, S.Ppd., usai pembukaan acara, kunjungan Tim Asistensi Pembangunan ZI ini dimaksudkan untuk memantau dan memastikan bahwa instansi rumah sakit milik Polri yang dipimpinnya ini tengah menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).


"RS.Sartika Asih merupakan salah satu RS Polri yang dimiliki Polda Jabar dan  terpilih sebagai kandidat rumah sakit peraih WBK dan WBBM yang transparan dan Akuntabel dalam pelayana untuk  memenuhi tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan. Diantaranya reformasi birokrasi yang dilakukan sebagai langkah awal untuk  menuju sistem penyelenggaraan rumah sakit yang baik.


Sehingga dapat melayani masyarakat dengan cepat, tepat dan profesional. Dalam rangka menuju hal ini harus di lakukan langkah-langkah bersama dengan dua satker lain nya yaitu Pam Obvit dan Binmas serta beberapa Polres yang akan menuju WBK dan WBBM pula", jelasnya.


Zona integritas itu ada dua, lanjut Karumkit, pertama menuju WBK dan WBBM. Dan upaya upaya yang dilakukan untuk menuju wilayah tersebut merupakan sebagian besar dari manajemen perubahan, penataan tata laksanaan, sistem manajemen SDM dan penguatan pengawasan.


Selain itu penguatan akuntabilitas kinerja yang totalnya ada enam point yg harus di lakukan dan penguatan layanan publik."Termasuk melakukan terobosan -trobosan dengan meningkatkan layanan publik yang salah satu contoh yang kita lakukan dengan mengangkat duta rumah sakit  yang berjumlah 14 anggota.


Yaitu dari internal rumah sakit yang tugasnya memberikan layanan untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan saat kunjungan ke rumah sakit. Tugas para duta ini mengarahkan masyarakat ke tempat yang dituju di rumah sakit dengan lebih kepada pendekatan emosinal dan pemahaman yang baik.


RS Sartika Asih mengutamakan pelayanan dan kenyamanan untuk masyarakat pengguna jasa yang dibuktikan juga dengan menyediakan pustaka mini untuk pasien agar keluarga yang menunggu tidak jenuh. Dan digelar pula kegiatan sosial lain yang sudah rutin di lakukan di antaranya tiap Jum'at anggota di kirim ke masjid - masjid untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis.


Sedangkan tiap Minggu  digelar pula kegiatan yang sama di gereja-gereja secara rutin tiap bulannya .Disisi lain Rumkit Sartika Asih juga sudah membuat rencana kerja (Renja) yang memilih tim kerja yang untuk selanjutnya menyusun kelompok kerja (pokja).


"Kegiatan serta semua persyaratan sudah berjalan dan sudah kami lakukan bahkan RS Sartika Asih termasuk 5 besar sejak 2017 yang mana salah satu ciri pelayanan dengan sistem pembayaran semua melalui billing sistem yang sudah terintegrasi", pungkas Karumkit. (Yusman).