-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ketua KADIN kota Bandung Berencana Terus Berkiprah Untuk Masyarakat Bandung.

60menit.com
Kamis, 07 Maret 2019


Ir. Iwa Gartiwa, M.M. (Ketua KADIN Kota Bandung) 

BANDUNG, 60MENIT.COM - Kamis (07/03/2019) Ir. Iwa Gartiwa M.M adalah salah satu putra daerah yang lahir di Bandung dan saat ini beliau berkeinginan untuk lebih memajukan lagi daerahnya. Selama itu pula asam-garamnya kehidupan sudah direguk dan dirasakan olehnya, sebagian besar perjalanan kehidupannya selalu diarahkan dalam kiprah berkembang bersama masyarakat di tengah masyarakat melalui organisasi sosial kemasyarakatan. Oleh karena perjalanan panjangnya inilah serta dengan sederet pengalaman mengabdi pada masyarakat, Iwa Gartiwa dipercaya memegang amanah sebagai Ketua Kadin Kota Bandung.

Dalam proses perjalanan kehidupannya inilah, Iwa Gartiwa menemukan makna yang sangat berarti dalam kehidupan dahulu, kini dan kedepan. Pesan moral Rasululloh, "Bahwa sebaik-baik manusia ialah yang memberi manfaat pada sesama manusia." ini dijadikan pesan moral yang amat luhur yang menyemangati Iwa Gartiwa untuk terus berkiprah dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat khususnya warga Kabupaten Bandung. Berdasar pada ini pula lah Iwa Gartiwa mencalonkan diri menjadi Calon Legislatif DPR RI Dapil Kabupaten Bandung dari Partai Gerindra .

Adapun beberapa ikhtiar program Iwa Gartiwa yang akan dilaksanakan secara langsung, maupun melalui program kebijakan-kebijakan pemerintah bersama dengan Parlemen DPR-RI untuk Masyarakat Kabupaten Bandung dan Bandung Barat Sejahtera, Adil dan Makmur diantaranya yang pertama adalah

1. Belanja di Warung Tetangga
Ini merupakan semangat membangun ekonomi masyarakat agar pertumbuhan dan perkembangan ekonomi terjadi di daerah setempat, tidak lari keluar daerah tersebut. Model ekonomi seperti ini akan membawa dampak yang baik bagi kesejahteraan yang nyata bagi masyarakat setempat, karena uang berputar diwilayah tersebut dan secara wilayah berarti kesejahteraan yang nyata bagi masyarakat Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

2. Membangun dan Mengembangkan Wirausaha Remaja dan Pemuda
Setidaknya dua hal yang ingin dicapai dalam pengembangan program ini. Pertama, bisa menjadi solusi bagi permasalahan sosial berupa kenakalan dan berbagai tindak kriminal, maupun kejahatan serta penyalahgunaan obat terlarang dan psikotropika dikalangan remaja dan pemuda. Kedua, mengurangi angka pengangguran pada satu sisi dan membangun serta mengembangkan sikap mandiri dan produktif pada sisi yang lainnya melalui Wirausaha mandiri remaja dan pemuda. 

3. Ketahanan Ekonomi Keluarga melalui Pemberdayaan Perempuan 
Ini adalah salah satu ikhtiar untuk pemberdayaan perempuan, dengan menerapkan program pelatihan dan kursus-kursus yang berkaitan dengan ketahanan ekonomi keluarga. Melalui pelatihan dan kursus ini diharapkan ibu-ibu bisa mandiri secara ekonomi dan dapat menambah penghasilan keluarga. Dan hal Ini merupakan bagian dari ikhtiar Iwa Gartiwa dalam membangun pemberdayaan perempuan dan pada akhirnya mampu memberdayakan ibu-ibu di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

4. Ekonomi Komunitas berbasis Masjid
Berkembangnya kembali semangat dalam masyarakat dengan menjadikan masjid sebagai sentral kegiatan komunitas, maka posisi dan peran masjid menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pemberdayaan ekonomi komunitas berbasis masjid menjadi program menarik yang akan dikembangkan Iwa Gartiwa dan Basis masjid ini menjadi sangat penting, karena selain pertumbuhan, perkembangan serta pemberdayaan ekonomi komunitas, juga dibangunnya manusia yang menjalankan ekonomi dengan akhlakul karimah. Sehingga  secara ekonomi akan berkembang dan manusianya mempunyai akhlak terpuji.

5. Hentik Rentenir Pencekik Rakyat
Yaitu mengembangkan koperasi rakyat, dan hal ini merupakan program unggulan Iwa Gartiwa yang lainnya. Ini menjadi salahsatu prioritas yang sangat penting, karena jebakan rentenir dalam kehidupan disebagian masyarakat selama ini sudah sedemikian dalam dan sangat melukai serta menyengsarakan banyak masyarakat kita. Koperasi rakyat dan komunitas menjadi amat penting sebagai prioritas dalam membantu kehidupan ekonomi komunitas lepas dari jebakan dan cekikan rentenir, sehingga terwujudlah masyarakat sejahtera, adil dan makmur bagi Masyarakat kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

6. Sistem Informasi Pertanian 
Hal ini dilakukan karena selama ini persoalan pertanian yang kerap dirasakan oleh masyarakat petani adalah terbatasnya informasi baik produk, maupun pasar bagi produk pertanian. Pada dasarnya sistem informasi pertanian menjadi penting bagi petani maupun bagi pasar dan pembeli produk pertanian dan sistem informasi ini dinamai TERMINAL KOMODITI, selain menyajikan produk dan harga produk, ia bisa juga menjadi sumber informasi bagi petani untuk mengetahui apa yang akan ditanam dan mengurangi rantai ekonomi produk pertanian. Sehingga rantai ekonomi menjadi pendek dan harga semakin besar kepada petani serta menjamin kepastian penyediaan dan distribusi produk pertanian. 

Bila Iwa Gartiwa menjadi pilihan masyarakat Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, program sistem informasi ini akan dijadikan prioritas untuk menunjang kesejahteraan petani Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Program-program yang dirumuskan terdahulu merupakan ikhtiar memberikan makna bila Iwa Gartiwa dipercaya Masyarakat Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

"Tak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan dan rahmat Alloh serta dukungan seluruh masyaraka, saya Iwa Gartiwa memohon dukungan sekaligus bisa menjadi pilihan alternatif terbaik sebagaI wakil rakyat di DPR RI dari partai Gerindra No. 10 dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, semoga Alloh meridhoi  usaha kita bersama", ujar Iwa Gartiwa saat di konfirmasi perihal pencalonan dirinya menjadi Wakil Rakyat DPR-RI dapil Kabupaten Bandung Dan Kabupaten Bandung Barat (T.Pro)