-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Selaku Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda) pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng Oleh Sdr. MADE

Minggu, 07 November 2021

 

60menit.com---

Selaku Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda) pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng Oleh Sdr. MADE 


60MENIT.com-Sumedang- Adanya Pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng Oleh Sdr. MADE selaku Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT Di Gedung Gamelan Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang.


Kasi Humas Polres Sumedang menjelaskan Minggu ( 7/11/21 ) pukul 07.30 Wib bertempat di Gedung Gamelan Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang Jln. Prabu Geusan Ulun No.36 Kel. Regol Wetan Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang telah terjadi Adanya Pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng Oleh Sdr. MADE selaku Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda) didampingi Ketua YPS ( YAYASAN PANGERAN SUMEDANG) Sdr. MUHAMMAD ALEX dan Sdr. RAHMAT selaku Anggota YPS.


Pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng tersebut oleh Sdr. MADE selaku Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda) didampingi Ketua YPS ( YAYASAN PANGERAN SUMEDANG) Sdr. MUHAMMAD ALEX dan Sdr. RAHMAT selaku Anggota YPS, pada saat peristiwa pengambilan dihimbau oleh Sdri. FRETY selaku Ketua Paguyuban Seni dan Budaya agar pihak ahliwaris membuat surat secara resmi kepada pihak Musium dengan maksud tertib administrasi, namun himbauan tersebut tidak dihiraukan, pengambilan satu set Gamelan tersebut selain  oleh ahliwaris dan Ketua YPS dibantu juga oleh Masyarakat Adat Guriang tujuh dengan menggunakan 3 (Tiga) unit KR 6 Jenis Truk Engkel.



Asal - usul Gamelan Parakan Salak Sari Oneng, menurut keterangan Sdr. Lucky pewaris Kraton Sumedang Larang bahwa Gamelan tersebut adalah milik Keluarga Hoel Belanda yang merupakan Residen Kewilayahan Sukabumi, setelah Belanda pergi dari indonesia karena Jepang yang menjajah indonesia, kemudian Gamelan tersebut Diserahkan Kepada DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT (Bupati Sukabumi pada Jaman Belanda), pada tahun 1975 oleh Ahliwaris DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT Gamelan Tersebut dititipkan di Musiun Prabu Geusan Ulun Sumedang.

sampai saat ini pihak YNWPS (Yayasan Najir Wakap Pangeran Sumedang) Sdr. LUKY tidak mengetahui dibawanya kemana Gamelan Parakan Salak Sari Oneng tersebut.



permasalahan Pengambilan Satu Set Alat Musik Jenis Gamelan Parakan Salak Sari Oneng hal tersebut merupakan permasalahan internal keluarga antara YNWPS (Yayasan Najir Wakap Pangeran Sumedang) dengan YPS ( YAYASAN PANGERAN SUMEDANG) yang melibatkan Ahliwaris Dari DALEM R.A.A. SURYA DANU NINGRAT, namun tidak adanya surat secara resmi pengambilan Gamelan tersebut kepada pihak YNWPS selaku pengelola Wakap Pangeran Sumedang.


Bahwa Gamelan Parakan Salak Sari Oneng merupakan  Cagar Budaya / Warisan Budaya dan sebagai Aicon Musium Prabu Geusan Ulun Sumedang, sehingga keberadaannya dilindungi oleh Undang - Undang.


#Asep sunandar