-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


PEMDES KARANGSARI MEREKAYASA LAPORAN DANA DESA TAHAP 3 TAHUN ANGGARAN 2021 UNTUK PEMBANGUNAN RABAT BETON JALAN DESA

Senin, 24 Januari 2022
Loading...

 

60MENIT.com-PEMDES KARANGSARI MEREKAYASA LAPORAN DANA DESA TAHAP 3 TAHUN ANGGARAN 2021 UNTUK PEMBANGUNAN RABAT BETON JALAN DESA


60MENIT.com-Pangandaran-Anggaran dana desa (DD) tahap 3 tahun anggaran 2021 di desa karangsari kecamatan padaherang kabupaten pangandaran sebesar Rp 68.654.000 untuk pekerjaan rabat beton jalan desa Rt 012/013 dusun Cipicung seperti yang tertuang di papan informasi, terpantau tim investigasi awak media pelaksanaan awal pekerjaan di laksanakan pertengahan januari tahun 2022 dengan komposisi 1 semen 7 pasir 6 batu split.

Dari adannya perbedaan keterangan kepala desa Sukiman dan keterangan Jasirun selaku bendahara desa Karangsari di duga pemdes karangsari rekayasa laporan dana desa tahap 3 tahun anggaran 2021 di pembangunan rabat beton jalan desa.


penjelasan kepala desa Karangsari Sukiman senin 17 januari 2022 di ruang kerjannya bahwa anggaran DD tahap 3 tidak di silpakan hanya keterlambatan pengerjaan dan untuk HOK semua sama lingkungan masyarakat sekitar, kalau laporan bisa  koordinasi sama pendamping dan kabid DPMD, yang utama di laksanakan,Ucapnya.


Untuk tadi nya mau di silpakan tetapi belum sahkan  APBDes karna kalau silpa itu harus sahkan APBDes dulu",Tutur;Sukiman.


Memang terlambat kalau menunggu di silpakan,jadi  nanti masyarakat pasti bertanya dan hal itu sudah di koordinasi kan sama kabid DPMD dan bapak camat setempat, kalau untuk material yang bagus. karena  komposisi yang jelek pasti di tolak dengan perbandingan 1 semen 6 pasir 7 batu split.




Keterlambatan pengerjaan,iya  secara aturan program 2021 harus di laksanakan tahun 2021 kalau di laksanakan tahun 2022 berarti mengendap anggarannya nya namun sebelum pekerjaan di mulai sudah ada pembicaraan dulu dengan pihak terkait "pungkas Sukiman.

Tim investigasi sebagai sosial kontrol mendatangi kantor kecamatan padaherang dan bertemu dengan bapak Dadang( selaku Kasi ekbang)

 Membenarkan ada koordinasi tetapi koordinasi yang sebenarnya tidak harus di panggil dengan pembahasan terkait pekerjaan karena itu bisa terjadi seperti ini karena antara dari bpd dan kepala desa tidak sama berkomunikasinya.

Dari pihak  kecamatan menegaskan saja, yang penting pekerjaan  cepat laksanakan bagaimana caranya, untuk masalah laporan jangan melibatkan kecamatan karna anggaran masuk ke rekening desa masing - masing",Tambahnya

Kalau untuk pekerjaan dimulai bulan desember 2021 dan melangkah  kebulan januari 2022 itu boleh dengan catatan adanya batasan waktu  karna anggaran tahun 2021 sudah habis waktunya kecuali di silpakan, 

Dari pihak kecamatan hanya memberi tahu dan menyarankan,tetapi  sayang nya dari desa tidak pernah mengkoordinasikan hal tersebut dari jauh - jauh hari dengan kemungkinan penanganannya bisa lebih cepat pungkas Dadang.

Anggaran dana desa tahap 3 tahun 2021 menurut kepala desa tidak di silpakan namun berbanding terbalik dengan keterangan Jasirun selaku bendahara desa Karangsari,bahwa dana untuk rabat beton Dana Desa tahap 3 disilpakan dan Surat ijinnya bulan januari 2022 kepada awak media tim investigasi sebagai kontrol sosial jumat ,21 januari 2022 di rumah kediamannya.

Masalah itu kepala desa saja sebagai pemegang  anggaran lebih jelasannya,  Berarti sebenarnya kemarin rencana yang  pastikan ada pagu tetapi masih pada rapat penetapan pada waktu  tanggal 31 desember tahun 2021 .

Tapi jalannya masih menunggu pagu yang sebenarnya, maka belum di posting karna kalau sudah posting susah terkunci,Ucap Jasirun 

proses APBDes cukup musdes kalau musrembang atau SIPD yang merumuskan hal - hal yang tidak tercover  atau tidak bisa di danai sama desa dan hasilnya untuk tahun 2022 itu baru di bawa ke kecamatan.


Penetapan memang belum tetapi  fisik nya juga belum di posting karna pagu dari kabupaten baru datang malam tadi, semua juga kepastian tanggal 31 desember 2021 cuma belum fix masih secara manual,Untuk  menjaga  ketika ada perubahan sehingga belum di plot dan di posting karna secara logika nya  ada perubahan awal tahun.

Seperti pagu yang ada terkirim judulnya juga estimasi, berarti belum pasti untuk pagu APBDes 2022 dan nanti penetapan di pastikan sama berita acara.


BPD memang belum menandatangani karna baru semacam rancangan kalau berita acara sudah penetapan secara online belum dan itu nanti pake berita acara lagi.


Kalau untuk yang sementara sudah di tanda tangan tetapi masih manual karna kalau sudah di kunci secara aturan salah seketika ada perubahan awal tahun, dan belum berani posting secara sistem sudah ada draf nya nanti kalau sudah fix baru di kunci, dan untuk pencairan itu bendahara dan kepala desa dengan sepengetahuan sekdes" pungkas, Jasirun.

Jadi rencana  untuk  dana silpa tahun 2021 bisa di cairkan bulan januari 2022 di desa Karangsari sementara penetapan tahun berjalan masih menunggu perubahan dan belum di posting karna silpa tidak bisa di cairkan sebelum anggaran tahun berjalan di tetapkan, karna penetapan tahun berjalan dan posting APBDes menjadi sarat pencairan.




(TIM)