-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Sigap Tangani Bencana Alam Angin Kencang Dan Hujan Deras

Rabu, 23 Februari 2022

60MENIT.COM, Indramayu - Nyaris sebanyak ratusan rumah warga rusak dalam sekejap di Kabupaten Indramayu akibat hujan deras disertai angin kencang.

Selain itu, angin kencang diketahui juga turut menumbangkan puluhan pohon yang berada di berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

Petugas pun dikerahkan sejak malam hingga dini hari untuk menanggulangi bencana, Rabu ( 23/2/2022).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa kesigapan Polres Indramayu Polda Jabar dalam mengatasi dampak akibat hujan deras dan angin kencang patut diacungi jempol.

"Berkat Quick Respon dari Polres Indramayu Polda Jabar dalam mengatasi dampak hujan deras dan angin kencang, kondisi serta situasi aman dan kondusif kembali."  ujar Ibrahim Tompo.

Kapolres Indramayu Polda Jabar AKBP M Lukman Syarif mengatakan, menurut data yang diterima, kejadian terparah terjadi di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar.

"Di sana hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan pohon tumbang serta rusaknya bangunan rumah warga," ujarnya.

Kapolres  menyampaikan, data sementara tercatat, ada sebanyak 80 rumah warga mengalami rusak ringan dan 11 rumah warga mengalami rusak berat di Desa Mekarjaya.

Rumah-rumah warga yang mengalami rusak berat itu, mayoritas akibat tertimpa pohon tumbang saat hujan deras melanda sore kemarin.

Puluhan pohon di sana pun ikut tumbang, selain di pemukiman warga, pohon tumbang juga terjadi di depan Ponpes Al-Zaytun Indramayu.

Masih disampaikan Iptu Didi Wahyudi, bencana serupa juga mengakibatkan Kanopi Masjid Al-Fatah yang berlokasi di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg roboh.

Di Desa Kebulen, Kecamatan Jatibarang, atap sebuah ruko yang terbuat dari baja ringan pun dilaporkan rusak dan terbawa angin saat bencana terjadi.

Masih berdasarkan laporan yang diterima, pohon tumbang juga dilaporkan terjadi di wilayah Desa Legok dan Desa Lohbener di Kecamatan Lohbener yang berada di Jalur Pantura Indramayu.

Ada sebanyak 5 pohon tumbang di sana, pohon yang tumbang tersebut sempat melintang dan mengakibatkan arus lalu lintas di Jalur Pantura Indramayu dari arah Cirebon menuju Jakarta tersendat.

"Panit Lantas beserta Anggota Polsek Lohbener Polres Indramayu Polda Jabar, Petugas Bina marga dan dibantu masyarakat sekitar langsung melaksanakan pengamanan jalur dan evakuasi pohon tumbang guna kelancaran arus lalin," ujar dia.

Tidak hanya itu, pohon tumbang di Jalur Pantura juga terjadi di Desa Kongsijaya, Kecamatan Widasari, pohon yang melintang mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Cirebon menuju Jakarta ikut tersendat di sana.

Kejadian pohon tumbang juga terjadi di wilayah Kecamatan Juntinyuat, ada sebanyak 5 pohon tumbang dan menutupi jalan raya Juntinyuat-Karangampel.

Kejadian serupa juga terjadi di wilayah Kecamatan Balongan, sebanyak 4 pohon tumbang menutupi setengah badan Jalan Raya Ibu Tien dan satu pohon tumbang menutupi Jalan Raya Balongan.

"Setelah kejadian, sejak malam hingga dini hari, 
petugas Polisi Polres Indramayu Polda Jabar langsung melakukan tindakan, terutama mengevakuasi pohon yang tumbang, kini arus lalu lintas sudah kembali lancar," ujar Kapolres.
(Taupik)