-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kapolres bersama unsur Forkopinda Kab. Sumedang mengadakan Rapat Koordinasi dalam rangka upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

Rabu, 09 Maret 2022
Loading...

 


60MENIT.com-Kapolres 
bersama unsur Forkopinda Kab. Sumedang mengadakan  Rapat Koordinasi dalam rangka upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sumedang.

60MENIT.com-SUMEDANG – Angka Kemiskinan di Indonesia mengalami kenaikan karena adanya Pandemi Covid-19 termasuk di Kab. Sumedang, Bupati Sumedang Dr. H. DONY AHMAD MUNIR, S.T., M.M., bersama unsur Forkopinda Kab. Sumedang pada Senin 07 Maret 2022 bertempat di Gedung Negara Kab. Sumedang melaksanakan Rapat Koordinasi dalam rangka upaya Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Sumedang.


Bupati Sumedang menyampaikan bahwa angka kemiskinan di Kab. Sumedang mengalami peningkatan akibat adanya dampak Pademi Covid-19, Pada tahun 2018 angka kemiskinan di Kab. Sumedang mencapai 9,76 % dan Target pertahun harus turun sebanyak 0,80 %, Pada Tahun 2019 angka kemiskinan turun 0,71% menjadi 9,05%, namun pada Tahun 2020 mengalami kenaikan menjadi 10,26 % serta tahun 2021 menjadi 10,71%. 


Jumlah Penduduk Kab.Sumedang Pada th 2020 sebanyak 1.152.507 orang, sekitar 49,68% merupakan Generasi M & Z dengan perkiraan usia sekarang 8-23 th, Penduduk Miskin di Kab. Sumedang mayoritas bekerja di sektor Pertanian dan berstatus pekerja informal.




Pemerintah Kab. Sumedang telah melakukan beberapa upaya seperti pengembangan kawasan industri di wilayah perencanaan Buahdua, Ujungjaya dan Tomo (Butom), mengembangkan Pariwisata, Pertanian dan UMKM serta Optimalisasi Dana Desa dan Pemberdayaan Bumdes di wilayah Kab. Sumedang. Bupati Sumedang menyampaikan Dana Desa tahun 2022 akan berfokus pada sektor Perekonomian tidak pada Pembangunan insfratuktur. 




Kapolres Sumedang AKBP. EKO PRASETYO ROBBYANTO, S.H., S.I.K., M.P.I.C.T., M.I.S.S yang juga hadir pada Rapat Koordinasi Forkopinda tersebut juga menyampaikan bahwa Pihak Kepolisian Polres Sumedang  akan mendukung Program Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Pengentasan Kemiskinan baik dari Program Bantuan Pemerintah Melalui Polri Maupun Melalui Instansi Vertikal Lainnya.


Polres Sumedang juga akan melakukan Pengawasan terhadap Program yang dilaksanakan baik dalam Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran maupun Program Pembangunan lainnya agar tidak terjadi Penyimpangan maupun Penyelewengan yang Berdampak Kerugian Negara.


AKBP. EKO PRASETYO ROBBYANTO, S.H., S.I.K., M.P.I.C.T., M.I.S.S menambahkan Polres Sumedang bekerjasama dengan Leading Sektor Lainnya seperti Baznas dalam Pembangunan Rumah tidak Layak Huni, membantu para Pedagang Kecil dengan Melalui Program Warung Tatali Asih.


#As-red