-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 8 ; Peltu Aseng Berharap Bukan Komunitas Saja, Namun Warga Juga Ikut Terlibat Dalam Aksi Lingkungan

60menit.com
Minggu, 12 Juni 2022

Sektor 8 ; Peltu Aseng Berharap Bukan Komunitas Saja, Namun Warga Juga Ikut Terlibat Dalam Aksi Lingkungan


60menit.com - Tampak Anggota Satgas Sektor 8 sedang tuangkan Eco Enzyme di Oxbow Cicukang


60MENIT.COM, Kab.Bandung - Minggu (12/06/2022) Satgas Citarum Harum wilayah Sektor 8 yang berada dibawah Komando Kolonel Arm Nursamsudin, bersama dengan Komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung kembali menuangkan cairan multi guna di Oxbow Cicukang. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari rencana awal, yaitu akan menuangkan sekitar 13 Ton cairan Eco Enzyme, untuk meningkatkan mutu dan kualitas air yang ada di Oxbow tersebut secara berkala. 


Kondisi Oxbow Cicukang saat ini


Cairan ini di buat oleh komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung pimpinan Doddy. Dan perlu diketahui, cairan Eco Enzyme adalah cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik, seperti ampas buah dan sayuran serta gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu). Sedangkan pembuatan Eco Enzyme ini hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, dan sampah organik sayur mentah dan buah yang belum diolah.


Saat di konfirmasi, Peltu Aseng Sujana selaku anggota satgas sektor 8 yang turut pada kegiatan tersebut mengatakan," pada hari ini, kita Satgas Citarum Harum Sektor 8 dengan Komunitas Eco Enzyme wilayah Bandung pimpinan Bapak Dody, telah melaksanakan penuangan kembali Cairan multi fungsi hasil dari fermentasi ke dalam Oxbow Cicukang", ucap Peltu Aseng


Cairan Eco Enzyme yang siap di tuang saat ini


Kami selaku Satgas, lanjut Peltu Aseng, mendukung adanya pihak dari komunitas penggiat lingkungan tersebut, untuk melakukan upaya dalam rangka mengembalikan Ekosistem yang ada di area sekitar sungai Citarum. Tentunya, hal ini juga sebagai bentuk dukungan dari pihak lain, terkait adanya program Citarum harum


" Kami berharap, nantinya bukan hanya Komunitas dan satgas saja yang terlibat dalam aksi ini, namun masyarakat sekitar juga harus peduli dengan keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya. Bukan hanya itu, masyarakat juga harus lebih peka terhadap kondisi lingkungan yang ada, sehingga program Citarum Harum bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta sesuai dengan harapan kita bersama", harap Peltu Aseng (T.pro)