-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI
Cemilan Enak, Gurih dan Renyah (hanya 35K / Toples) : hubungi 081320002339

60Menit.co.id

Advertisement


Diskominfo Kabupaten Semarang Bertandang ke KIM Kelurahan Cipedes

60menit.com
Kamis, 29 September 2022

Kim Kelurahan Cipedes

60MENIT.COM
, BANDUNG | Sebuah kehormatan bagi Kelompok Informasi Masyarakat - KIM Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung yang dikunjungi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Semarang, Rabu, 28/09/2022.

Sesuai surat No : 481.1/0626/2022 tanggal 26 September 2022 perihal Studi lapangan tentang Pemberdayaan KIM yang ditandatangani Kadiskominfo Kabupaten Semarang Wiwin Sulistiyowati, S. T., M.M., tertuju kepada dan diterima baik oleh Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Cipedes Kota Bandung.

Kedatangan rombongan Diskominfo Kabupaten Semarang diterima langsung oleh Ketua KIM Kelurahan Cipedes Asep Wahyu Hermawan di kediamannya.   

Kim Kelurahan Cipedes

Rombongan Diskominfo Kabupaten Semarang terdiri dari Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Semarang Sri Puji Haryono, S. Sos, Sub Koordinator Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Semarang Maman Suherman, S.H.,dan Staf Diskominfo Kabupaten Semarang Enny Sumarlina, S M., Ristijani, S.H., dan Madiyas Desyanto.

Sub Koordinator Informasi Publik Diskominfo Kabupaten Semarang Maman Suherman, S.H membuka pembicaraan " Kami kesini adalah dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat yang ada di Kabupaten Semarang, bermaksud menyelenggaragakan Studi Lapangan ke KIM Cipedes Kota Bandung yang dipandang sangat maju dan berperan aktif dalam membangun sinergitas dengan Pemerintah Kota Bandung. Dan kami ingin menghidupkan KIM di wilayah kami seperti yang ada disini ". Dalam pertemuannya di rumah Ketua KIM Kelurahan Cipedes Asep Wahyu Hermawan atau Aep atau Rommy yang didampingi Tatang Tabi'i.


Hal menarik dalam perbincangan adalah seputar pembangunan SDM KIM saat ditanya keberhasilan KIM Kelurahan Cipedes, Asep mengatakan " Pada awalnya saat adanya perintah dari Lurah sedikit mengalami hambatan dikarenakan mencari SDM yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi ditambah mau mobile dan menguasai lapangan untuk mendapatkan sumber aspirasi agar menjadi inovasi supaya informasi yang didapat, dapat diterima secara utuh dan menginformasikan hasil karya yang dapat diterima semua kalangan, baik itu kepemerintahan maupun masyarakat luas", tandasnya.

Pertemuan selanjutnya, Tim Diskominfo Kabupaten Semarang menyempatkan berkunjung ke Kantor Kelurahan Cipedes Kecamatan Sukajadi Kota Bandung, bermaksud silaturahmi dengan menemui Lurah Cipedes H. Dedi Rustandi, SH.

Kim Kelurahan Cipedes

Lurah Cipedes pun menyampaikan awal pembentukan KIM Kelurahan Cipedes pada Tahun 2017.

" Saya haturkan terima kasih atas kunjungan dan kepercayaannya kepada kami. Peran fisik komunikasi transformasi informasi dari berbagai persoalan ataupun berbagai info, kita berbagi segala sesuatu mulai dari wadahnya, baik dari tingkat kewilayahan, Pemerintah Kota Bandung maupun provinsi. KIM Kelurahan Cipedes mempunyai peran melalui Media Siber kimcipedes.com untuk mempublikasi kegiatan kemasyarakatan di tingkat kewilayahan, mulai dari kegiatan RT, RW, dan LKK di Kelurahan Cipedes," ungkap Lurah Cipedes.

Tidak hanya itu, kata Lurah Cipedes, KIM ini juga aktif mensosialisasikan dan publikasi Program Kerja Kecamatan Sukajadi dan Program Kerja Pemerintah Kota Bandung melalui Media yang dimilikinya. Dan juga bisa menangkal hoax, agar tejadi ketentraman di masyarakat mengenai berita-berita yang tidak bertanggung jawab ". Saat ditanya kendala, Lurah pun menjawab " inilah kenyataan, makanya saya bangga dan sangat terbantu dengan adanya KIM, walaupun dengan minim anggaran bahkan ga ada, tapi KIM mampu mandiri dan tetap mampu memberikan yang terbaik dibidang informasi," ujar Lurah Cipedes

Dalam videocall yang dilakukan Lurah Cipedes bersama Camat Sukajadi Drs. Inci Dermaga Mustawan A, M. A., M. AP., yang saat diterimanya rombongan Diskominfo Kabupaten Semarang oleh Lurah Cipedes Dedi Rustandi, S. H.,.

Camat Sukajadi mengatakan " Saya sangat menyambut baik kunjungan yang dilakukan rombongan Diskominfo Kabupaten Semarang dan memohon maaf tidak bisa menemui karena ada tugas lain. Juga saya ucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada KIM Kelurahan Cipedes sebagai bahan studi banding dari Diskominfo Kabupaten Semarang semoga dengan adanya silaturahmi ini bisa saling ambil sisi baiknya," pungkas Camat Sukajadi
** M. Edwandi