-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI

PILIHAN ANDA WAKTU SANTAI & RESMI
Cemilan Enak, Gurih dan Renyah (hanya 35K / Toples) : hubungi 081320002339

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Salut !! Seorang Bhabinkamtibmas Yang Juga Peternak Kambing

Sabtu, 22 Oktober 2022

60MENIT.COM, Banjar - Menjadi seorang Bhabinkamtibmas merupakan suatu amanah yang dipercayakan kepada setiap personel di jajaran kepolisian, dengan tujuan membangun kerja nyata dan sinergitas bersama masyarakat di wilayah kerjanya.

Hal inilah yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Bripka Dede Iim. Dengan penuh rasa tanggung jawab, anggota Polsek Banjar, Polres Banjar Polda Jabar  ini, dalam kesehariannya kerap menyambangi warga dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si berharap para Bhabinkamtibmas khususnya yang ditempatkan di desa untuk meningkatkan keterampilan, disamping tugasnya sebagai ujung tombak pelayanan kepolisian dalam menjaga keamanan serta ketertiban di wilayah kerja masing - masing.

Saat ditemui di Kandang peternakan kambing miliknya sendiri, di Desa Balokang Kecamatan Banjar, Jawa Barat, Bripka Dede mengatakan bahwa ini sudah menjadi tugas pokok sebagai Bhabinkamtibmas untuk selalu dekat dengan masyarakat.

“Setiap hari saya bersama masyarakat, membangun komunikasi dengan Babinsa, Bina Desa, aparatur desa, serta berkoordinasi dengan warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah desa Neglasari,” ujarnya. Jum'at (21/10/2022).

Menyinggung Kandang Kambing miliknya, Bripka Dede Iim ternyata seorang peternak Kambing di kediamannya. 

"Saya memulai berternak sejak tahun 2017 silam, jadi di tengah kesibukan sebagai Bhabinkmtibmas, Saya berternak Kambing" ucapnya.

Tidak sendiri, Bripka Dede Iim mengajak warga baik warga sekitar lingkungan rumahnya maupun warga binaannya di Desa Neglasari. 

"Alhamdulillah banyak yang bergabung atas ajakan Saya untuk berternak, karena saya memiliki konsep ternak berbeda dengan zaman dulu, yaitu dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif, kemudian saya tanami dengan tumbuh-tumbuhan untuk dijadikan pakan ternak-ternak Saya" lanjutnya. 

Terhitung sudah 5 orang yang sudah bergabung dengan Bripka Dede Iim dan sampai dengan saat ini masih berjalan. 

"Jadi hasil ternak yaitu berupa Anak Kambing, Saya beli dari para peternak untuk dijual kembali ke pengepul yang lebih besar, terhitung setiap 3 bulan Saya bisa menjual 50 ekor anak kambing" ucapnya. 

Salah satu anak kandang (istilah warga yang bergabung dengan sistem peternakan Bripka Dede Iim) Heri mengatakan konsep yang diterapkan dapat diterima dan masuk akal untuk dilakukan.

"Sebelumnya saya bekerja karyawan kantoran, setelah bertemu dengan Dede Iim saya diajak untuk berternak, awalnya sih ga mau malu gengsi, namun setelah mendapat penjelasan dari Dede, saya mau bergabung dan Alhamdulillah sampai saat ini perternakan Saya masih berjalan dan terus bertambah" ucapnya. 

Sementara itu Kapolres Banjar Polda Jabar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M.  mengatakan pihaknya apresiasi dan merespon positiif apa yang dilakukan oleh Bripka Dede Iim dan dapat dicontoh oleh personel maupun warga masyarakat. 

"Selain itu melalui peternakan, Bripka Dede Iim dapat berkomunkasi dan menyerap informasi dari komunitas perternak dalam rangka memeliharan kamtibmas khususnya di wilayah hukum Polres Banjar Polda Jabar" ucapnya.
(Taupik)