-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Polres Cirebon Kota Dapatkan Apresiasi Warga Mampu Amankan Kirab Budaya Cap Go Meh Dengan Aman

60menit.com
Minggu, 05 Februari 2023

Polres Cirebon Kota

60MENIT.COM, POLRES CIREBON KOTA | Kirab budaya, setelah 2 tahun tidak digelar, karena pandemi Covid19. Hari ini perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon menggelar kirab budaya Cap Go Meh 2574. Minggu (5.2.23) pukul 13.00 wib.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Ariek Indra Sentanu, SH.S.IK.MH. mengungkapkan, Hal ini merupakan akhir rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang diselenggarakan setelah 15 hari setelah perayaan Imlek.

Lanjut Ariek Indra Sentanu "Di Kota Cirebon, perayaan Cap Go Meh dimeriahkan dengan iring-iringan berbagai joli (tandu) yang membawa patung dewa dewi yang akan mengelilingi ruas jalan protokol Kota Cirebon. Selain itu, ada juga iring-iringan barongsai, liong, dan lain sebagainya". Jelas Jebolan Akpol 2004 Ciko ini melalui Wakapolres Cirebon Kota KOMPOL Ahmat Troy Aprio, SH.S.IK didampingi Kasat Lantas Akp Triyono Raharja,.S.IK.MH, CPHR.

Tambah Triyono "kirab Perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon dimulai dari Vihara Dewi Welas Asih, Jalan Kantor, Kota Cirebon. Kemudian, iring-iringan tersebut akan melintas ke Jalan Pasuketan- Pekiringan- Parujakan- Sukalila Selatan- Karanggetas- Jagabayan- Winaon- Kanoman- Talang- Kebumen, dan berakhir kembali ke Vihara Dewi Welas asih. Dan kami sudah antisipasi rekayasa lalu lintas guna pengalihan arusnya untuk mengurai kemacetan".

Sementara dalam kesempatan ini, Richard selaku panitia memohon maaf kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon, saat perayaan Cap Go Meh nanti akan terjadi gangguan lalu lintas.

“Kami mohon maaf bila lalu lintas saat kegiatan Cap Go Meh terganggu,” Katanya melalui Kasi Humas Polres Cirebon Kota Iptu Ngatidja, SH.MH.

Namun disisi lain sebagian besar masyarakat antusias melihat iring -iringan kirab tersebut. Bahkan warga yang memadati bukan dari kota cirebon saja, namun ada yang dari kabupaten majalengka, kuningan, indramayu bahkan kabupaten Brebes Jateng.

Sebut saja Bayu wicaksono, warga Ds. randusanga Kabupaten Brebes mengaku bangga dan senang bisa menyaksikan atraksi barongsai dan lihat dewa dewi secara langsung.

"Saya sangat terhibur, jauh-jauh dari brebes. Saya dan keluarga juga tetangga bersama sama ingin nonton kirab hari ini. Saya juga apresiasi kinerja Polres Cirebon Kota Polda Jabar karena saya anggap mampu mengamankan proses berjalannya Kirab budaya ini. Masyarakatnya tertib dan juga pa polisinya melakukan pengamanan sampai pengaturan aturan lalu lintas biar tidak macet, sampai dengan mengatur parkir kendaraan yang aman dan tidak mengganggu arus lalu lintas. Pokoknya Bravo Polres Cirebon Kota Polda Jabar". Ujarnya.
** M. Edwandi