-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Polres Indramayu Gelar Pasukan Ops Keselamatan Lodaya 2023

Selasa, 07 Februari 2023

60MENIT.COM, Indramayu - Polres Indramayu jajaran Polda Jabar melaksanakan kegiatan apel gelar pasukan Ops Keselamatan Lodaya 2023, di Mako Polres Indramayu, Selasa (7/2/23).

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0616/Indramayu Letkol Arm. Andang Radianto, S.A.P., Kasat Pol PP Kab. Indramayu Teguh Budiarso, S.Sos., M.Si., Kepala Dinas Perhubungan Kab. Indramayu Yudi Rustomo, M.Si., dan kepala perwakilan Jasa Raharja Manggala Aji Mukti, S.E.

Apel gelar pasukan Ops Keselamatan Lodaya 2023 diikuti 1 SST Kodim 0616/Indramayu, 1 SST Subdenpom III/3 Indramayu, 1 SST Sat Polairud Polres Indramayu, 1 SST Dalmas Polres Indramayu, 1 SST Gabungan Staf Polres Indramayu, 1 SST Sat Lantas Polres Indramayu, 1 SST Sat Intelkam Polres Indramayu, 1 SST Sat Reskrim Polres Indramayu, 1 SST Sat Narkoba Polres Indramayu dan 1 SST Gabungan Sat Pol PP Kab. Indramayu, Dishub Kab. Indramayu, Jasa Raharja Kab. Indramayu, dan BPBD Kab. Indramayu.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar membacakan amanat dari Kapolda Jabar, bahwa perlu kita ketahui apel gelar pasukan ini dimaksud untuk mengecek kesiapan para personel dan Sarpas sebelum pelaksanaan operasi keselamatan Lodaya 2023.

Sesuai amanat undang-undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri khusunya Polantas bersama pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas guna terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif.

Sambungnya, terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif tentunya memerlukan upaya dan kerja keras kita semua guna terciptanya Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Adapun upaya-upaya kegiatan preemtif dan preventif serta didukung Polda Gakkum Lantas secara elektronik dengan menggunakan E TLE Statis dan mobile dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas, maka Polda Jabar dan jajaran menggelar operasi kepolisian kewilayahan dengan sandi Ops “KESELAMATAN LODAYA-2023” yang digelar serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Idul Fitri 1444 H tahun 2023, yang digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 Februari sampai dengan 20 Februari 2023.

Lanjut disampaikan Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, adapun personel yang terlibat dalam operasi sebanyak 2.509 personel dengan perincian Satgas Polda Jabar sebanyak 520 personel dan Satgas jajaran sebanyak 1.989 personel.

“Saya yakin dan percaya dengan kuat personel yang terlibat tersebut dan pelaksanaan Lat Pra Ops yang telah dilaksanakan maka diharapkan pelaksanaan operasi keselamatan lodaya 2023 hasilnya dapat terlaksana dengan optimal dan baik,” ucap AKBP Dr. M. Fahri Siregar.

Lebih lanjut AKBP Dr. M. Fahri Siregar menjelaskan, tujuan operasi keselamatan lodaya 2023 adalah :

1. Meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas
2. Menurunnya angka kecelakaan lalu lintas 
3. Menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan 
4. Menurunnya angka pelanggaran lalu lintas.

Adapun target operasi yang harus dicapai adalah terciptanya Kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman, meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran lalu lintas serta menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan.

Operasi Keselamatan Lodaya 2023 adalah jenis operasi Harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan kegiatan preemtif.

Dalam hal ini Polantas tidak diperkenankan melaksanakan penegakan hukum lalu lintas secara tilang secara stasioner / hunting system.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Indramayu pun berpesan kepada para peserta apel gelar pasukan ops keselamatan lodaya 2023 agar selalu memanjatkan doa kepada Tuhan YME sebeleum melaksanakan tugas.

Utamakan keselamatan dan mempedomani protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas.

AKBP Dr. M. Fahri Siregar pun berpesan agar melaksanakan kegiatan edukasi tentang tertib berlalu lintas.

Melakukan kegiatan yang memberikan nilai positif kepada masyarakat dalam bentuk Bansos dan kegiatan positif lainnya.

AKBP Dr. M. Fahri Siregar menegaskan kepada personel agar tidak melaksanakan penegakan hukum lantas tilang secara stasioner yang akan mencederai pada pelaksanaan Ops Keselamatan Lodaya 2023.

“Pada pelaksanaan Ops semua personel yang terlibat agar tetap melakukan tindakan yang simpatik dan humanis serta hindari tindakan yang kontra produktif dan sikap arogan sehingga kehadiran Polantas dapat dirasakan oleh masyarakat,” pesan Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar.
(Taupik)