-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


BENTUK TANGGAP BENCANA DI TENGAH PERUBAHAN MUSIM, TIM SIAGA SAR SAT BRIMOB POLDA JABAR CEK ALIRAN SUNGAI PASCA HUJAN

Selasa, 09 Mei 2023

60MENIT.COM, Cirebon - Musim penghujan yang sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir ini di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon khususnya, para personil rutin laksanakan kegiatan patroli pengecekan ke beberapa lokasi yang rawan terjadinya banjir. Diketahui bersama hujan deras dengan intensitas tinggi sering kali terjadi di beberapa wilayah yang ada di Ciayumajakuning. Bahkan di beberapa  wilayah seperti di Kabupaten Kuningan yang sempat terjadi banjir yang merendam rumah - rumah penduduk.

Dengan situasi dan juga kondisi yang terjadi saat ini Jajaran personil Kompi 1 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar yang disiagakan melaksanakan kegiatan pengecekan debit air, arus dan juga ketinggian air di Sungai Cipager, tepatnya di Pintu Air Sungai Cipager Kecamatan Talun Kab. Cirebon pada minggu, 
(07/05/2023). 

Dan Tim Batalyon C Pelopor menyampaikan bahwa, "para personil melaksanakan kegiatan pengecekan, guna memastikan bahwa Kota Cirebon yang termasuk dataran rendah dan bagian dari beberapa muara sungai yang ada di wilayah 3 Cirebon ini, kondisi airnya sedikit mengalami peningkatan di beberapa pintu air akan tetapi masih dalam katagori aman", jelasnya 

Abadiyat menambahkan, teamnya yang disiagakan akan terus memantau dan mengecek ketinggian air dan juga arus air yang kebetulan letak sungai ini berada di antara pemukiman padat penduduk warga masyarakat yang melintas di beberapa desa yang ada di Kabupaten Cirebon, sehingga otomatis apabila air meluap akibat tingginya curah hujan yang terjadi akan langsung masuk ke pemukiman warga yang letaknya lebih rendah dari posisi sungai. Seperti halnya hujan deras yang mengguyur wilayah Kab. Cirebon, menyebabkan terjadinya luapan.

Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono S.I.K menyampaikan bahwa "kegiatan patroli siaga SAR Sat Brimob Polda Jabar yang dilaksanakan oleh jajarannya ke beberapa sungai adalah sebagai langkah antisipasi dan juga bentuk kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya bencana banjir yang setiap daerah tentunya potensinya berbeda. Jajarannya akan tetap mengantisipasi dengan terus melaksanakan kegiatan patroli SAR ini", ucap Yuri. 

Jajaran Sat Brimob Polda Jabar akan terus dan tetap melaksanakan berbagai kegiatan patroli guna mengantisipasi potensi bencana alam yang ada. Ini merupakan bentuk kesiapan satuan dan juga bentuk kepedulian Satuan Brimob Polda Jabar akan keselamatan setiap warga masyarakat.            

"Banyaknya tumpukan sampah dan juga tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah sehingga kebiasaan membuang sampah di sungai masih dilakukan oleh beberapa warga masyarakat di sepanjang aliran sungai. Inilah yang tentunya menambah potensi banjir, selain tingginya intensitas hujan yang terjadi di beberapa wilayah", tutupnya.
(Taupik)