-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peran Sinergi Binmas dan Babinsa Sebagai Penghubung TNI, Polri dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keamanan di Wilayah Desa Binaannya

Kamis, 18 Mei 2023

60MENIT.COM, Cikancung - Sinergitas antara Binmas (Bintara Pembina Desa) dan Babinsa (Bintara Pembina Desa Teritorial) sangat penting dalam menjalankan tugas mereka sebagai penghubung antara TNI, Polri dan masyarakat. Saat kunjungan ke masyarakat, keduanya bekerja sama untuk membangun hubungan yang baik dengan warga dan memperkuat keamanan di wilayah tersebut. Kamis ( 18/05/2023 ). 

Binmas bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang keamanan dan ketertiban, serta memberikan informasi tentang program-program pemerintah yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, Babinsa bertanggung jawab untuk memantau situasi keamanan di wilayah teritorialnya dan memberikan bantuan kepada masyarakat dalam hal keamanan dan pertahanan.

Aipda Andres Nugraha Binmas Desa Tanjunglaya dan Babinsa dapat saling melengkapi dalam menjalankan tugasnya. Binmas memberikan pembinaan tentang keamanan kepada anggota Security dan masyarakat, sedangkan Babinsa dapat memberikan informasi tambahan tentang situasi keamanan di wilayah tersebut. Sebaliknya, ketika Babinsa memantau situasi keamanan, Binmas dapat memberikan informasi tentang program-program pemerintah yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ucap Aipda Andres.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo. SH. SIK. MH Melalui Kapolsek Cikancung Polresta Bandung Akp. Carsono. SH Mengatakan Selain itu, sinergitas antara Binmas dan Babinsa juga dapat membantu memperkuat keamanan di wilayah Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung dengan bekerja sama, keduanya dapat mengidentifikasi potensi ancaman keamanan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencegahnya. Selain itu, mereka juga dapat bekerja sama dalam hal pengamanan acara-acara di wilayah Desa Binaannya, Ucap Kapolsek Cikancung Akp. Carsono. SH.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan sinergitas antara Binmas dan Babinsa sangat penting dalam menjalankan tugas mereka sebagai penghubung antara Binmas dan Babinsa serta warga masyarakat untuk bekerja sama, mereka dapat saling melengkapi dalam memberikan pembinaan dan informasi kepada masyarakat, serta memperkuat keamanan di wilayah Desa Mekarlaksana Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Pungkas Kapolsek Cikancung.
(Taupik)