-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ketua KBPP Polres Kota Banjar Beserta Tim-nya Lakukan Monitoring Terkait Program Konvergensi Stunting di Wilayah Tugasnya

60menit.com
Selasa, 20 Juni 2023

Ketua KBPP Polres Kota Banjar Bersama Tim-nya Lakukan Monitoring Terkait Program Konvergensi Stunting di Wilayah Tugasnya


60menit.com


60MENIT.COM,Kota Banjar - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), stunting adalah gangguan perkembangan pada anak yang disebabkan gizi buruk, terserang infeksi yang berulang, maupun stimulasi psikososial yang tidak memadai. Seorang anak didefinisikan sebagai stunting jika tinggi badan menurut usianya lebih dari dua standar deviasi, di bawah ketetapan Standar Pertumbuhan Anak WHO.



Program pemberian asupan makanan pada penderita Gizi buruk, harus di perhatikan dalam segala aspek kebutuhannya. Salah satunya pemberian Nutrisi tambahan yang sudah di rekomendasikan peruntukannya, untuk pencegahan stunting. Menurut data base di kota Banjar, di identifikasi sangat signifikan dan ber variatif tiap tiap wilayah terutama di Desa-desa se Kota Banjar.


Ketua KBPP Polri Res Kota Banjar (Keluarga Besar Putra Putri Polri) Aditya, menuturkan beberapa hal. " kita bersama tim melakukan evaluasi data base updet yang terindikasi dan monitoring terkait perkembangan program konvergensi stunting, sampai sejauh mana pihak Desa atau pemerintahan setempat melakukan upaya pencegahan atau penurunan angka stunting di kota banjar. Terkait program ini, sudah diatur dalam perundangan udangan, sudah ada aturan dlregulasinya, perlunya kontroling dari beberapa pihak juga dikarenakan anggaran untuk konvergensi stunting itu sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat, yang memang menjadi lokus konvergensi stunting. Fokusnya kondisional untuk peruntukannya sesuai data yang ada, khususnya salah satu program pemberian makanan tambahan (PMT) yang ada di desa desa se-Indonesia. Untuk itu kami bersama tim siap berkontribusi dan mengawal Program ini, agar penerima manfaat atau yang ter identifikasi stunting dapat terserap sesuai dan tepat sasaran", terang Aditya (20/06/2023)



Dari kondisi tersebut, tentunya program ini harus menjadi perhatian masyarakat sekitar,  agar program berjalan dengan lancar. Serta jangan lupa menerapkan pola hidup sehat, makan teratur, dan juga periksa atau konsultasi kepada ahli gizi di puskesmas/posyandu terdekat, jika ada anak yang ter identifikasi termasuk kriteria anak tersebut, agar menjadi perhatian kita bersama.(P. Seprudin)