-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Binmas Desa Cibiru Hilir Cek Dan Monitoring Pembuatan Kolam Retensi Antisipasi Banjir di Wilayah Binaan

Kamis, 18 Januari 2024

60MENIT.COM, Cileunyi - Bhabinkamtibmas Desa Cibiru Hilir Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar Aiptu Asep Sobar Lesmana mengunjungi pembangunan Kolam Retensi yang berada di lokasi di Komp. Bumi Harapan Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupatem Bandung. Kamis (18/1/2024).

Pembangunan kolam retensi yang ada di Wilayah Desa Cibiru Hilir ini merupakan sikap Pemerintah Desa Cibiru Hilir pada penyelamatan lingkungan dari bahaya banjir yang kerap terjadi, sehingga sangat berpengaruh pada keutuhan sungai. 

"Pembangunan kolam retensi adalah bagian dari program penanggulangan banjir di wilayah Desa Cibiru Hilir dan sekitarnya, sehingga polri bersama instansi terkait berkewajiban mengawal kelancaran pembangunan kolam retensi ini," ujar Bhabinkamtibmas Aiptu Asep Sobar Lesmana.

Kolam retensi juga berfungsi untuk menyimpan dan menampung air sementara dari saluran pembuangan, sebelum dialirkan ke sungai sehingga puncak banjir dapat dikurangi, juga sebagai pengganti resapan air.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. terkait hal tersebut sangat berharap, akan tujuan dari pembangunan kolam retensi bisa menyelamatkan pula para petani di wilayah Desa Cibiru Hilir dan sekitarnya, "Karena wilayah ini masih banyak pesawahan, sehingga jika saat dibutuhkan oleh para petani, kolam retensi bisa mensuplaynya," imbuh Kapolsek.

"Selain pengendali banjir, kolam retensi ini mampu meningkatkan cadangan air tanah setempat." Pungkasnya.
(Taupik)