-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Binmas Desa Cimekar Bareng Babinsa Gotong Royong Bersama Warga Giat Kerja Bakti Dalam Pembangunan TPT Yang Jebol Pasca Hujan Deras

Kamis, 25 Januari 2024

60MENIT.COM, Cileunyi - Hujan yang melanda wilayah Kabupaten Bandung beberapa hari terakhir mengakibatkan Jebolnya Tembok Penahan Tebing yang berada di Komp. Bumi Orange Rw.30 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kejadian itu langsung di Respon oleh Bhabinkamtibmas Desa Cimekar Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar Aipda Haris Mugia Kusumah bareng Babinsa Koramil 2413/Cilengkrang Sertu Budi gotong royong dengan warga melaksanakan kerja bakti bersama-sama secara swadaya. Kamis (25/1/2024).

Tembok Penahan Tebing (TPT) merupakan salah satu konstruksi yang mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. TPT merupakan dinding penahan tanah yang terbuat dari beton atau batu kali yang diperkuat campuran semen pasir dan air.

Tembok Penahan Tebing berfungsi untuk menahan gaya tekanan dari air dan tanah, sehingga memperbesar tingkat kestabilan aliran air. Karena fungsinya ini, Tembok penahan tebing umumnya dibangun di daerah yang kondisi aliran arus air yang tidak stabil.

Mengingat fungsinya yang begitu penting, Bhabinkamtibmas Aipda Haris Mugia Kusumah bersama Babinsa dan warga melaksanakan kerja bakti perbaikan TPT yang jebol yang diakibatkan oleh arus air yang cukup deras akibat pasca guyuran air hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

“TPT yang kami perbaiki ini sebelum jebol karena banjir tahunan yang sering melanda,” kata Bhabinkamtibmas

Bhabinkamtibmas berharap dengan campuran berbagai bahan, seperti pasangan batu kali yang diperkuat campuran semen pasir dan air, diharapkan TPT dapat menahan beban berat air dan tanah.

“Setelah TPT ini selesai di bangun, kami berharap dapat berfungsi optimal, sehingga mampu menahan tanggul sungai dengan aliran yang cukup deras,” terangnya.

Bhabinkamtibmas Aipda Haris berpesan kepada masyarakat agar merawat dan membersihkan saluran air agar tidak ada sumbatan endapan lumpur atau tanah maupun sampah, karena dapat menghambat laju air yang akan memicu terjadinya banjir.

Sementara itu, mewakili Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H., mengatakan bahwa kegiatan kerja bakti ini merupakan salah satu bentuk penanganan dan tanggap bencana sekalipun dalam skala kecil. “Dimana hal ini merupakan suatu upaya pimpinan untuk sinergitas TNI-Polri bersama Masyarakat.” Tuturnya.

Lebih lanjut, Kapolsek menambahkan “Dalam hal ini, kami hanya dapat membantu semampu kami. Yang terpenting adalah rusaknya atau jebolnya TPT akibat hujan, dapat segera diatasi agar tidak membahayakan bagi pengguna jalan lainnya.” Pungkas Kompol Suharto, S.H.
(Taupik)