-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pasca Diguyur Hujan, Binmas Desa Cimekar Pantau Langsung Genangan Air di Komp. Bumi Orange

Rabu, 10 Januari 2024

60MENIT.COM, Cileunyi - Kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua warga masyarakat. Tidak hanya pemerintah saja, melainkan setiap masyarakat harus turut andil dalam memelihara kebersihan lingkungannya masing-masing terutama dalam pengelolaan sampah.

Hal tersebut disampaikan Bhabinkamtibmas Desa Cimekar Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar Aipda Haris Mugia Kusumah dalam kegiatan monitoring genangan air yang dilakukan bersama warga di Komp. Bumi Orange Rw.32 Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Rabu (10/1/2024).

“Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama oleh karenanya kita jaga dan pelihara lingkungan dengan sebaik-baiknya” ungkapnya.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas Aipda Haris Mugia Kusumah menjelaskan, kegiatan monitoring tersebut dilakukan guna mengantisipasi meluasnya genangan air hingga merendam rumah warga diakibatkan curah hujan yang cenderung tinggi.

“Kegiatan ini kami lakukan guna memastikan genangan air yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini tidak membahayakan terhadap keselamatan warga, dan alhamdulillah genangan air nya sudah surut saat hujannya reda,” ungkapnya.

Dari hasil monitoring yang dilakukan, genangan air tersebut disebabkan tidak mampunya saluran air di sekitar perumahan dalam menampung air hujan yang diakibatkan kecilnya saluran air sehingga air dengan mudah meluap ke permukaan jalan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. memerintahkan seluruh jajaran Bhabinkamtibmas untuk mengambil langkah pencegahan dan antisipasi terkait dengan genangan air tersebut di kemudian hari dengan berkoordinasi dengan Instansi terkait untuk segera di tanggulangi supaya tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Kami telah mengerahkan jajaran Bhabinkamtibmas untuk selalu memantau segala yang terjadi di wilayahnya dan segera melakukan langkah antisipasi bila terjadi sesuatu.” tandasnya.

Diharapkan Kapolsek, warga dapat terus memelihara kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta meningkatkan sikap gotong royong dalam menjaga lingkungan terutama menjaga kebersihan saluran air, sehingga air dapat mengalir dengan semestinya tanpa tersumbat oleh sampah.

“Mari kita tingkatkan gotong royong terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan, terlebih kebersihan saluran air, supaya ketika diguyur hujan deras, air pada saluran dapat mengalir dengan lancar dan tidak tersumbat sehingga tidak akan terjadi genangan air bahkan banjir yang merendam permukiman,” pungkasnya.
(Taupik)