-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Jelang Pemilu, Binmas Desa Cilengkrang Bersama Babinsa Adakan Binlat Kepada Anggota Linmas

Senin, 12 Februari 2024

60MENIT.COM, Cilengkrang - Keamanan adalah mutlak sudah menjadi tugas dan tanggung jawab dari aparat Kepolisian. Tugas yang sudah di depan mata adalah pengamanan Pemilu 2024. Dinamika politik yang terus bergerak dinamis, tentunya menimbulkan Problematika kerawanan tersendiri.

Untuk itulah Kepolisian sebagai aparat keamanan siap siaga melakukan pengamanan. Bukan hanya intern Kepolisian saja, Namun Polri juga bersinergi dengan Instansi terkait demi terciptanya situasi yang kondusif. Seperti hal nya yang dilakukan oleh Polsek Cileunyi Polresta Bandung.

Untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas, Bhabinkamtibmas Desa Cilengkrang Polsek Cilengkrang Jajaran Polresta Bandung Polda Jabar Aiptu Usep Jeni, S.Sos bersama Babinsa Koramil 2413/Cilengkrang mengadakan Pembinaan dan Pelatihan (Binlat) menjelang Pemilu 2024. Pelatihan diberikan kepada anggota Linmas Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kab. Bandung, Senin (12/2/2024).

Bhabinkamtibmas Aiptu Usep Jeni, S.Sos menyampaikan bahwa pihaknya memberikan materi pelatihan kepada Linmas Desa Cilengkrang, Kegiatan pelatihan digelar oleh pemerintah desa dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas serta mampu menjaga keamanan desa menjelang Pemilu 2024.

“Dengan pelatihan yang diberikan diharapkan mampu menambah kemampuan Linmas. Sehingga bisa menjalankan tugas pengamanan pemilu dengan baik,” ucapnya.

“Materi yang diberikan yaitu tentang tugas Linmas dalam pengamanan pemilu, gerakan dasar baris berbaris dan gerakan pengaturan lalu lintas,” jelasnya.

Kepala Desa Cilengkrang, Bpk. Entis Sutisna menyampaikan bahwa pelatihan kemampuan Linmas diikuti oleh 30 orang. Mereka merupakan anggota Linmas di Desa Cilengkrang yang akan diperbantukan dalam pengamanan Pemilu.

“Terima kasih atas materi pelatihan yang diberikan oleh Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa. Semoga bisa menambah kemampuan Linmas Desa Cilengkrang dalam menghadapi pengamanan Pemilu 2024,” ucapnya.

Sementara di tempat terpisah Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan guna memberikan bekal pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat) dalam melaksanakan tugas di masyarakat agar dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat serta membantu Babinkamtibmas dan babinsa di wilayah.

“Linmas merupakan mitra bagi Bhaninkamtibmas dan Babinsa dalam memberikan informasi untuk terciptanya keamanan yang kondusif di wilayah binaan, untuk itu, sangat penting diberikan pengetahuan tentang tugas dan tanggung jawab, sehingga mereka nantinya siap dan mampu memberikan perlindungan keamanan kepada masyarakatnya,” terang Kompol Suharto, S.H.

Selain itu, dalam kegiatan ini Babinsa bersama Bhabinkamtibmas juga memberikan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada anggota Linmas Desa yang ada di Wilayah binaannya agar Linmas nantinya siap mendukung aparat keamanan dalam melaksanakan tugasnya, serta kesiapannya dalam pengamanan Pemilu serentak 2024, Pungkas Kompol Suharto, S.H.
(Taupik)