-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Bhabin Ciluncat Polsek Cangkuang, Kunjungi Lansia, Pastikan Dapat Layanan Kesehatan

Minggu, 05 Mei 2024

60MENIT.COM, Cangkuang - Bhabinkamtibmas Desa Ciluncat Polsek Cangkuang Polresta Bandung Aipda Dian Rosdiana melaksanakan kunjungan terhadap warga lansia di Kp Ciluncat RW 02 Desa Ciluncat, Sabtu (4/5/2024) pagi.

Bersama Ketua RW 02 Sdr. Iya Sutarya, Aipda Dian mengunjungi warga lansia bersamaan dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh Poskesdes.

"Kami hadir untuk memastikan seluruh warga mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah," ujar Dian.

Dua orang lansia yang mempunyai penyakit akut, kita koordinasikan serta dilakukan pengurusan surat-suratnya untuk dirujuk ke rumah sakit.

Diwilayah RW 02 sendiri terdapat 29 orang lansia yang secara keseluruhan mendapatkan pelayanan rutin baik di Poskesdes maupun dikunjungi, tambahnya.

Kapolsek Cangkuang Iptu H. Yusup Juhara, S.H., menjelaskan bahwa tugas Bhabinkamtibmas di desanya sangatlah berat.

Ada 5 tugas pokok yang harus mereka lakukan, yang salah satunya adalah deteksi dini potensi gangguan kamtibmas, termasuk yang timbul dari kesenjangan warga lansia dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Termasuk juga pencegahan stunting yang harus mereka lakukan bersama kader di Desa, tambahnya.

Sementara ditempat terpisah Kapolresta Bandung Kombes Pol Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H., menegaskan bahwa faktor penyebab terjadinya gangguan kamtibmas dapat timbul dari segala aspek.

"Termasuk dari segi kesehatan masyarakat yang memang menjadi tanggungjawab pemerintah dengan beberapa programnya yang harus kami kawal, agar tidak menjadi potensi gangguan kamtibmas," kata Kusworo.

Bhabinkamtibmas, Lakukan tugas dengan baik, sabar dan humanis, niatkan apa yang anda kerjakan adalah bagian dari ibadah, pungkasnya.
(Taupik)