-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ngariung Bareng Bersama Warga, Binmas Desa Cileunyi Wetan Ajak Peran Aktif Jaga Kamtibmas

Selasa, 11 Juni 2024


60MENIT.COM, Cileunyi - Sambang warga Desa binaan merupakan kegiatan yang sudah menjadi rutinitas sehari – hari di lakukan oleh seorang Bhabinkamtibmas, petugas Polri yang bertugas di tingkat Desa mengemban fungsi preemtif dengan cara bermitra dengan masyarakat. 

Menjalin silaturahmi dan komunikasi, menciptakan kedekatan dan sinergitas bersama warga Desa seperti yang dilakukan Aiptu Dadan Ramdan sebagai Bhabinkamtibmas Desa Cileunyi Wetan Polsek Cileunyi Polresta Bandung.

Bhabinkamtibmas Desa Cileunyi Wetan Aiptu Dadan Ramdan melaksanakan kunjungan silaturahmi ke warga di Kp. Jajaway Rt.01/01 Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Selasa (11/6/2024)

Hal ini dilakukan Aiptu Dadan Ramdan dalam rangka menindaklanjuti atensi Kapolsek Cileunyi Kompol Rizal Adam Al Hasan A.S., S.Pd., M.M. tentang program Pemolisian Masyarakat (Polmas) agar masyarakat patuh dan taat pada peraturan perundang-undangan dan serta norma-norma sosial yang berlaku di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas mengunjungi warganya yang sedang berkumpul. Sambil duduk ngariung, Aiptu Dadan Ramdan menyampaikan pesan kamtibmas yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggalnya, terutama dalam rangka mengantisipasi tindak kejahatan Curanmor dan kejahatan kriminal lainnya, juga yang berkaitan dengan kenakalan remaja.

Bhabinkamtibmas juga mengajak kepada warga masyarakat, untuk membantu Polri dengan menghimbau bila perlu melarang anak-anak remaja yang nongkrong hingga larut malam, agar tidak terjadi hal-hal yang negatif yang tidak kita inginkan, seperti nongkrong sambil minum-minuman keras yang bisa memicu terjadinya tindakan yang melanggar aturan hukum.

Bhabinkamtibmas juga berpesan bila ada informasi atau masalah kamtibmas dilingkungannya, segera sampaikan kepada Bhabinkamtibmas, atau langsung melaporkannya ke Polsek Cileunyi.

Ditempat terpisah Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Rizal Adam Al Hasan A.S., S.Pd., M.M mengatakan ” Bhabinkamtibmas/Kanit Binmas merupakan wujud Polri yang ada di tengah masyarakat, memiliki tujuan menjaga Stabilitas Negara ”

Kapolsek menambahkan kegiatan kunjungan desa tersebut memang sudah menjadi tugas anggota Polri selain untuk melaksanakan patroli juga untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas terutama 3C (curas,curhat dan curanmor).

Saat dikonfirmasi, Kapolsek menjelaskan bahwa kegiatan kunjungan silaturahmi seperti ini memang sudah menjadi rutinitas, selain untuk menjalin sinergitas dan mempererat silaturahmi juga untuk menyerap aspirasi warga masyarakat”, pungkasnya.
 (Taupik)