-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pengecoran Jalan Ciburahol Penghubung Desa Tambaksari dengan Desa Mekarsari Disambut Baik Warga

60menit.com
Jumat, 14 Juni 2024

Antusias warga Desa Tambaksari Ciamis pada pembangunan Jalan Ciburahol (Pidin)


60Menit.com, Ciamis | Masyarakat Desa Tambaksari sangat antusias dalam pembangunan pengecoran beton di Jalan Ciburahol penghubung desa Tambaksari dengan Desa Mekarsari yang terletak di Dusun Cukangbiru RT. 2/11 Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat, Jumat (14/6/2024).


Pembangunan Rabat Beton sebagai jalan lintas desa ini dengan Sumber Dana Desa (DD) Tahap-I Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2024 dengan Volume P=113 M, L= 2.5M, T=15.Cm, jumlah anggaran Rp. 41.320.000. (Empat puluh satu juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah) pelaksanaan berupa swakelola / TIM Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) yang dikerjakan sesuai aturan Rancangan Anggaran Belanja (RAB).


Pekerjaan rabat Beton jalan lingkungan di Dusun Cukangbiru ini dikerjakan oleh warga masyarakat secara swakelola sesuai aturan pemerintah. Pengecoran betonisasi jalan ini bertujuan agar mempermudah akses jalan penghubung antar desa, mempermudah warga untuk pertanian dan memperlancar aktivitas warga.


Setelah akses jalan sudah diperbaiki tadinya rusak maka dengan adanya pembangunan rabat beton sekarang akan menjadi bagus, maka aktivitas wargapun menjadi lancar, akses jalan menjadi faktor terpenting bagi warga masyarakat Desa Tambaksari khususnya, untuk mendistribusikan hasil pertanian. 


Pembangunan jalan tersebut dibiayai dari  Dana Desa Tahap-1 (satu) tahun anggaran 2024 pengerjaannya langsung oleh tim SWAKELOLA Pelaksana Kegiatan Desa.


Kepala Desa Tambaksari yang akrab disapa Uwa Ucen, sempat ditemui di kediamannya  oleh awak media 60menit.com ia mengatakan, “Alhamdulillah warga ataupun masyarakat semuanya sangat antusias termasuk para emak-emak, bergotong royong dalam pembangunan jalan penghubung antar desa ini. Pembangunan cor beton selain program prioritas juga merupakan harapan masyarakat, direalisasi menggunakan anggaran Dana Desa," katanya.


"Saya siap untuk membangun lingkungan desa ini, agar masyarakat warga Desa Tambaksari dapat terakses dan merasakan jalan," imbuh Wa Ucen.


Tampak masyarakat sedang istirahat.


Antusias warga hingga seluruh masyarakat  tanpa adanya komando, mereka tiap hari memberi makan makanan ringan dan menyediakan air minum segar. Hal itu dilakukan secara spontan tidak ada unsur paksaan, "tapi murni semuanya ini atas inisiatif masyarakat itu sendiri, semoga seluruh kebaikan masyarakat ini menjadi amal baik dan hanya Allah SWT yang mampu membalasnya,” ucapnya.


Di sisi lain apresiasi warga setempat kepada pemerintahan Desa Tambaksari mereka mengucapkan terimakasihnya kepada kepala desa, yang sudah mengupayakan  bangunan jalan Desa Tambaksari ini.


Pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa ini masyarakat akan bisa menikmati jalan bagus dalam menunjang aktifitas sehari-hari, maka mereka bersama warga lain berterima kasih dan kompak untuk Gotong- royong membangunkan jalan.


Tokoh masyarakat Desa Tambaksari mengatakan, warga selalu antusias ketika melaksanakan gotong-royong, terlihat ketika membangun jalan penghubung antar desa ini karena harapan warga ingin semua akses jalan bisa diperbaiki untuk peningkatan perekonomiannya.


"Wawan Suwanda sebagai kepala dusun cukang biru bersama tokoh masyarakat sangat bangga dan mengapresiasi  pemerintahan desa," ungkapnya 


(P Seprudin)