-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pompanisasi di Kecamatan Tambaksari Ciamis Tingkatkan Produktivitas Tanam

60menit.com
Kamis, 11 Juli 2024

Kelompok Tani di Desa Karang Paningal sedang mengerjakan pembuatan bak air pompa (Pidin)


60Menit.com, Ciamis | Sejumlah kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Ciamis Jawa Barat, mendapat bantuan program irigasi perpipaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Program tersebut diharapkan bisa menjadi solusi pemenuhan pasokan air untuk lahan pertanian saat dilanda kekeringan.


Satu diantara kelompok tani yang mendapat bantuan irigasi perpipaan wilayah kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. 


Kelompok Tani yang ada di beberapa desa, yaitu Desa Karang Paningal, Desa Kaso, Desa Mekarsari dan Desa Sukasari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis, para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani salah satunya mewakili lima kelompok, yaitu kelompok tani Rukun Bakti.  


Ahyo Ketua Poktan Rukun Bakti mengatakan banyak berterimakasih kepada Pangdam, Dandim dan jajaran Danramil yang sudah mengawal dan mengawasi di lapangan, dengan adanya program irigasi perpipaan berharap program ini bisa manfaat kepada petani biar tidak ada kekurangan air, yang biasa panen satu kali dalam se-Tahun semoga adanya program bisa terbantu menjadi dua kali panen setiap tahunnya.


Bantuan irigasi perpipaan itu alokasinya untuk pembuatan 1 unit pembangunan air perpompaan, 1 unit bak penampungan air, pemasangan instalasi listrik, pipa, dan mesin sedot air. Kelompok Tani Rukun bakti membuat irigasi perpipaan. Nanti, diharapkan bisa mengairi lahan pertanian seluas 10 hektare per kelompoknya.


"Pembangunan irigasi perpompaan ini berfungsi mengalirkan air ke lahan pertanian. Jadi nanti para petani tak lagi pusing mencari sumber air untuk lahan pertanian masing-masing." Ujar Ahyo. 


Kepala BPP Wilayah Kecamatan Tambaksari, Eli mengutarakan, bantuan pembangunan irigasi perpompaan ini sangat bermanfaat bagi petani, sangat dibutuhkan penyediaan air ini untuk mengairi lahan pertanian,  terutama menjelang di musim tanam, biar lahan pertanian mereka akan terus teraliri air walaupun memasuki kemarau.


"Nanti tidak ada lagi istilah petani mengalami gagal panen akibat kekeringan," singkat Eli, Senin (11/7/2024)


Bak sumber air yang dibangun.


Anggaran pembuatan irigasi perpipaan untuk mengatasi menjaga di musim kemarau biar mengurangi kegagalan panen, bagi kelompok tani ini akan dilakukan secara bertahap. Memang tidak semua kelompok tani di wilayah Kecamatan Tambaksari menerima bantuan ini karena ada skala prioritas, pelaksanaan irigasi perpipaan. 


"Dinas Pertanian bekerjasama dengan Pangdam di daerah dan Kodim di lapangannya kita berkordinasi dengan Koramil pelaksanaan di lapangan para Babinsa ikut mengawasi dan mengawal adanya program irigasi perpipaan demi mensejahterakan para petani menjelang di musim tanam." Ucap Eli Kepala BPP


Jika lahan pertanian sangat kritis karena kurang pasokan air atau tidak memiliki sumber dari irigasi sama sekali, maka pihaknya akan mengusulkan ke pusat agar mendapat bantuan biar para petani tidak kekeringan.


"Mudah-mudahan tahun depan kelompok tani yang belum menerima bantuan bisa terakomodir semuanya," kata Eli.


"InsyaAllah ke depan adanya bantuan irigasi perpipaan ini akan kita rawat sebaik-baiknya. Kalau sudah berjalan penyediaan air untuk mengairi lahan pertanian akan lebih mudah." Yoyo mengutarakan atas nama pribadi ketua kelompok tani Panogasari dan seluruh Kelompok Tani yang ada di wilayah kecamatan Tambaksari kami sebagai ketua kelompok.


"Terima kasih banyak kepada Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis dan BPP Wilayah kecamatan Tambaksari. Semoga bantuan irigasi perpipaan ini akan lebih bermanfaat bagi lahan pertanian kelompok kami," imbuh Yoyo 


(P. Seprudin)