lollipop-1600

Setelah heboh berkepanjangan sejak dirilisnya developer preview pada acara Google I/O bulan Juni kemaren, nama Android yang paling baru akhirnya diumumkan oleh Google. Yup! namanya adalah Lillipop, berarti semua nama yang pernah diulas oleh media-media Android selama ini salah semua. Lollipop sebenarnya juga sudah sering disebut oleh banyak orang, tapi beberapa orang yakin bahwa namanya bukan itu, malah lebih yakin dengan Lemon Meringue Pie. :D

Lollipop adalah update terbesar dalam sepanjang sejarah Android, kali ini Google benar-benar habis-habisan merombak sistem operasi yang telah digunakan lebih dari semilyar orang ini. Termasuk untuk memberi kemudahan kepada pengembang aplikasi yang selama ini selalu tersandung masalah ukuran layar. Karena Android Lollipop membawa standar tampilan baru yang sering disebut dengan Material Design.

Apa aja sih yang menarik dari Android Lollipop?

1. Material Design

Sebuah standar baru untuk tampilan Android yang bisa digunakan para pengembang aplikasi untuk mempercantik aplikasi mereka, biar lebih nyaman digunakan para pengguna.

Unknown-1

2. Baterai lebih awet

Fitur baru yang ditambahkan dalam Android Lollipop adalah Battery Saver, fitur ini bisa memperpanjang umur baterai kira-kira sampai 90 menit. Aktifkan fitur ini katika baterai sudah mintlip-mintlip mau habis.

3. Keamanan

Lollipop terenkripsi secara otomatis, ini bukan fitur baru sih, tapi kali ini Google akan memaksa sistem untuk mengenkripsi semua data yang ada di dalam memory.

4. Multiple users

Fitur ini canggih, jadi ketika kamu nggak bawa hape sekalipun kamu masih bisa mengakses SMS, menelpon, dan melihat galeri foto hanya dengan login ke hape teman kamu yang juga sudah pakai Lollipop. Keren!

5. Perbaikan pada konektivitas

Perbaikan pada konektivitas internet Lollipop ini terasa ketika perpindahan koneksi, misalnya ganti dari Wifi ke Data, dan sebaliknya. Ganti jaringan tapi nggak pakai putus gitu maksudnya.

6. ART (Android Runtime)

Runtime ini posisinya ada di bagian bawah sistem Android, nggak kelihatan di layar, jadi kalo di umpamakan sebuah rumah Runtime ini adalah pondasinya. Nah ART inilah yang menghandel semua aktivitas Android. Google mengklaim Android Lollipop bisa berjalan 4 kali lebih cepat daripada menggunakan Dalvik, runtime sebelumnya.

7. RAW Image

Lollipop mengijinkan aplikasi kamera untuk mengakses RAW image dari foto yang diambil. Format yang didukung adalah YUV dan Bayer RAW. Saya juga kurang paham ini berguna atau nggak buat pengguna awam seperti saya. ;D

Masih ada banyak lagi fitur-fitur baru yang ditambahkan pada Android 5.0 Lollipop, dan bagi kamu yang udah nggak sabar pengen nyobain Lollipop, silakan lebih sabar lagi ya. Semoga hape kamu bakal dapat update Android Lollipop, entah resmi atau dengan custom ROM.


(Sumber : http://www.aplikanologi.com/berita/inilah-fitur-fitur-menarik-dari-android-5-0-lollipop/)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Inilah Fitur-Fitur Menarik Dari Android 5.0 Lollipop. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih