BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, berencana mencari batu akik berwarna biru sebagai buah tangan untuk para Kepala Negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung, 24 April 2015 mendatang.

Meski demikian, hingga kini Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil, masih bingung jenis batu akik apa yang memiliki berwarna biru. "Warnanya kemungkinan biru supaya (merepresentasikan) warna Bandung. Jenisnya tidak tahu nyari yang biru pokoknya," ungkap Emil di Balai Kota Bandung, Jumat (13/3/2015).

Emil menambahkan, souvenir untuk para kepala negara tersebut saat ini tengah dirancang modelnya dalam bentuk cincin. "Maunya di cincinnya ada tulisan Bandung," imbuhnya lagi.

Dua cincin batu akik yang akan diberikan, lanjut Emil, rencananya dibuat dua ukuran. Satu ukuran laki-laki untuk Kepala Negara dan satu ukuran perempuan untuk para istri Kepala Negara. Cincin tersebut nantinya dimasukkan dalam satu kotak khusus yang digabungkan dengan batik dan iket khas Bandung.

"Bagi-bagi rejeki nanti batiknya ke siapa, batu akiknya ke siapa. Intinya kan kebanggaan, soalnya 10 tahun sekali," tutur dia.




Diberitakan sebelumnya, Emil menyampaikan, Pemerintah Kota Bandung akan menambahkan cincin bermata batu akik sebagai oleh-oleh untuk 109 kepala negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika pada tanggal 24 April 2015 mendatang.

"Saya mau memberikan bingkisan, isinya benda kreatif termasuk batu akik," ujar Emil dalam rapat koordinasi penyelenggaraan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Rabu (11/3/2014) siang lalu.

Hal itu disampaikan Emil di depan Kepala Staf Kepresidenan Luhut Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menkominfo Rudiantara, Mensesneg Pratikno dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar....(zho)
________________________________

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Sepak Terjang Ridwan Kamil

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Batu Akik Buah Tangan Peserta KAA Dicari yang Biru (Edisi Ridwan Kamil). Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih