"Keberuntungan akan datang di saat yang tepat".

KAMI yakin Anda pasti pernah membaca (atau setidaknya pernah melihat) tautan yang terhubung dengan website bisnis tertentu di media sosial. Ketika itu menjadi viral, atau banyak direspon oleh pengguna melalui share maupun komentar, tentulah akan sangat menyenangkan; dan juga menguntungkan karena dapat meningkatkan popularitas suatu brand bisnis di internet.

Namun pernahkah Anda mengalami kejadian ketika Anda telah melakukan posting dan respon yang Anda dapatkan sangat sedikit dari harapan atau malah tidak ada sama sekali? Bisa jadi salah satu alasannya adalah waktu posting yang kurang tepat.

Media sosial memang selalu ramai akan interaksi. Akan tetapi, bukan berarti Anda dapat melakukan posting pada tengah malam dan berharap akan langsung direspon secara masif ketika semua orang sedang terlelap. Ada yang disebut peak time, atau waktu dimana suatu media sosial sedang banyak-banyaknya diakses oleh pengguna. Rentang waktu ini tidak dapat ditepuk rata antara satu media sosial dengan lainnya. Tiap media sosial memiliki peak time yang berbeda-beda, sesuai dengan perilaku penggunanya.

Kali ini kami membahas waktu yang tepat untuk melakukan posting pada beberapa media sosial terkenal seperti Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, Linkedin, dan Instagram. Jika Anda melakukan posting di waktu-waktu ini, niscaya keberuntungan akan datang menghampiri Anda.

1. Facebook

Facebook adalah media sosial dengan jumlah user online paling banyak di seluruh dunia. Anda dapat menemukan dan menargetkan orang-orang dengan latar belakang berbeda-beda sesuai kebutuhan target pasar bisnis Anda.

Facebook banyak diakses pada hari kerja. Jumlah pengguna mencapai puncaknya pada hari  Kamis dan Jumat, namun mengalami penurunan drastis pada akhir pekan. Akhir pekan memang saat yang tepat untuk bersantai, namun bukan untuk sosial media karena kebanyakan orang memiliki hal lain yang lebih menarik untuk dilakukan. Pada hari kerja, statistik membuktikan bahwa pukul 1 siang adalah waktu puncak para pengguna melakukan share, sedangkan pukul 3 sore adalah waktu puncak para pengguna mengklik suatu postingan.

Baca: Cara Jitu Membuat Website Menarik dengan Integrasi Facebok

2. Twitter

Saat ini Twitter memiliki lebih dari 288 juta pengguna online setiap bulan dan sebanyak 500 juta tweet dikirimkan setiap harinya. Jumlah ini memang dapat membuat bisnis Anda dibicarakan secara masif oleh para pengguna. Namun, jika timing-nya kurang tepat, bisa jadi tweet Anda malah tenggelam dan tidak sempat dilihat oleh para pelanggan potensial. Berkebalikan dengan Facebook, akhir pekan adalah waktu yang tepat bagi Anda dalam melakukan posting untuk pelanggan/follower Anda di Twitter. Statistik membuktikan bahwa postingan suatu brand pada akhir pekan memiliki tingkat engagement sebesar 17% dibandingkan hari biasa.

Anda juga perlu memperhatikan waktu posting yang tepat. Twitter memang mudah diakses dengan mudah melalui perangkat mobile, namun golden time tidak berlangsung sepanjang waktu. Pengguna banyak melakukan klik untuk menuju laman eksternal yang dibagikan pada pukul 12 siang dan 6 sore – berkenaan dengan jam makan siang dan waktu perjalanan pulang ke rumah setelah jam kerja. Di waktu yang berdekatan, pukul 5 sore adalah waktu puncak para pengguna dalam melakukan retweet.

3. Google+

Google pun tak mau kalah dalam persaingan media sosial dengan meluncurkan Google+ pada tahun 2011 silam. Meskipun terbilang baru, mereka telah memiliki lebih dari 540 juta pengguna aktif bulanan hingga saat ini. Para pengguna ini saling terhubung dengan akun Google mereka, dan dapat mengakses properti Google lain dengan mudah seperti GMail, Youtube, dan Blogspot.

Rentang waktu terbaik bagi Anda untuk melakukan posting di Google+ adalah pukul 9 pagi hingga 11 siang pada hari kerja (Senin – Jumat), dan mencapai puncaknya pada hari Rabu. Hal ini berkaitan dengan perilaku pengguna Google+ yang kerap melakukan akses di awal hari. Kami tidak menyarankan Anda untuk melakukan posting di Google+ terlalu dini di pagi hari atau terlalu sore karena hal tersebut tidak akan memberikan engagement yang maksimal bagi layanan bisnis Anda.

4. Pinterest

Sosial media lain yang cukup populer di internet adalah Pinterest. Diluncurkan tidak lama sebelum Google+, Pinterest berhasil menembus peringkat 32 Alexa secara global dan memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif. Berdasarkan laporan yang dirilis pada tahun 2012, sebanyak 83% dari total pengguna Pinterest adalah wanita. Apabila pangsa bisnis Anda adalah wanita, kami rasa media sosial ini akan cocok untuk mempromosikan layanan Anda.

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan posting di Pinterest. Statistik menunjukkan bahwa hari Sabtu pukul 8 hingga 11 malam adalah saat yang paling tepat untuk melakukan pin, dan aktivitas Pinterest secara keseluruhan biasanya mencapai titik tertinggi sekitar pukul 9 malam. Sementara itu, apabila Anda memiliki bisnis fashion dan ritel, waktu yang tepat untuk melakukan posting adalah pada hari Jumat pukul 3 sore.

5. Linkedin

Linked in adalah jaringan profesional terbesar di dunia. Di sini Anda dapat menemukan lebih dari 200 juta profesional dari berbagai macam disiplin bidang berbeda. Membuat akun Linkedin bisa memberikan banyak keuntungan, termasuk meningkatkan popularitas dan kredibilitas bisnis Anda.

Karena sifatnya adalah B2B (Business to Business) dan menampung banyak profesional, Linkedin banyak diakses pada hari serta jam kerja. Jumlah pengunjung yang masuk mencapai puncaknya pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Melakukan posting pada hari Senin dan Jumat kurang disarankan karena efeknya tidak akan maksimal. Ada tiga golden time berbeda jika Anda ingin melakukan posting di Linkedin. Pukul 7 hingga 8 pagi sebelum aktivitas kantor dimulai adalah waktu yang tepat untuk hal ini. Begitu juga dengan pukul 5 hingga 6 sore ketika para jam kerja para profesional selesai. Namun secara rata-rata, titik tertinggi respon postingan Anda jatuh pada hari Selasa berkisar antara pukul 10 hingga 11 pagi.

6. Instagram

Saat ini Instagram memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif yang mengakses website mereka setiap bulan dan telah terdapat lebih dari 1 miliar foto yang diposting. Jika Anda menyasar pengguna mobile, Instagram dapat dijadikan pilihan untuk melancarkan strategi promosi layanan Anda.

Berbeda dengan media sosial lain, tingkat engagement pengguna Instagram stabil sepanjang pekan, hanya sedikit meningkat pada hari Senin dan mengalami sedikit penurunan pada hari Minggu. Waktu yang tepat bagi Anda dalam melakukan posting adalah sekitar pukul 3 hingga 4 sore. Banyak perusahaan yang berada dalam daftar Fortune 500 telah membuktikan hal ini. Hasilnya, 22,5 dari 1000 follower berinteraksi dengan postingan mereka ketika jam kerja sedangkan 33,4 dari 1000 follower melakukan interaksi di luar jam kerja.

Selain mengerti kapan waktu yang tepat, Anda juga perlu pastikan bahwa waktu tersebut memang sesuai dengan target pasar Anda. Hal ini berkaitan dengan perbedaan zona waktu suatu daerah dengan daerah lainnya. Misalnya saja, bisnis Anda berlokasi di Indonesia namun menargetkan audiens di Inggris. Lakukan posting sesuai dengan zona waktu yang berlaku di sana, dan bukan di Indonesia.

Melakukan posting di saat yang tepat memang akan sangat berdampak positif pada respon pengguna terhadap postingan yang Anda bagikan. Namun, itu bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan promosi online Anda. Ada banyak faktor berbeda, yang juga perlu Anda terapkan, untuk meraih hasil lebih maksimal. (ali/niagaweb)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Inilah Waktu yang Tepat untuk Posting di Media Sosial? . Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih