SEBUAH studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa, pembaca cenderung hanya melakukan scanning pada sebuah teks, bukan sepenuhnya membaca. Lebih buruknya lagi, mereka cenderung membaca tulisan di layar dengan lebih lamban daripada tulisan yang di print (hard copy). Dalam internet, ada banyak sekali informasi yang ada. Sehingga tidak menjadi masalah bagi pembaca jika mereka melewatkan artikelmu. Oleh karena itu, kamu harus membuat pembacamu mendapatkan sesuatu agar mereka enggan melewatkan artikelmu. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips menulis artikel yang sangat mudah. Check it out!

1. Menarik perhatian

Judul harus selalu eye catching. Buatlah secara deskriptif. Beri tahu pembacamu tentang apa yang akan mereka temukan dalam artikel. Gunakan kata kunci dan tonjolkan. Bahkan terkadang penggunaan hyperlink dapat terlihat sebagai sebuah highlight bagi pembaca.

2. To the point

Buat artikelmu singkat, padat, dan jelas.  Jangan membuat mereka berpikir apakah ini adalah informasi yang mereka inginkan, buat mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tuliskan inti artikel dan mulailah paragraf awal dengan kesimpulan.

3. Pengaturan spasi

Penulisan teks yang terlalu padat akan membuat mata sakit. Beri beberapa jarak pada tiap tulisan. Buat paragraf menjadi sangat jelas, dengan satu poin penjelasan di setiap paragrafnya. Buat daftar informasi dengan bullets. Gunakan penomoran ketika harus mengurutkan suatu hal.

4. Selalu memikirkan sudut pandang pembaca

Tempatkan dirimu sebagai pembaca. Apakah mereka benar-benar butuh atau menginginkan informasi ini? Ingat, kamu tidak hanya harus menarik perhatian mereka tapi juga menjaga perhatian mereka agar tetap tertuju padamu.

5. Tak kenal tak sayang

Pembacamu mungkin ingin tahu siapa penulis di balik semua artikel yang kamu tulis dan seberapa terpercaya informasi yang kamu bagikan. Untuk itu kamu bisa menyertakan informasi tentang dirimu dalam blog atau website.

6. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Kecuali itu adalah akronim yang sudah sangat sering digunakan, sebaiknya jangan mencantumkan singkatan yang masih terdengar asing bagi pembaca. Kita semua tahu apa arti dari SMS tapi bagaimana jika ada beberapa makna lain untuk SMS? Untuk itulah selalu gunakan kata dan kalimat yang diketahui user. Kamu tidak perlu menggunakan kata-kata yang bombastis, fantastis, dan berlebihan hanya untuk membuat mereka terkesan.  Justru kemampuanmu menggunakan kata-kata sederhana untuk menjelaskan hal-hal rumit yang akan menarik perhatian mereka.

7. Menulis seakan sedang berbicara dengan mereka

Get personal. Gunakan kalimat aktif untuk lebih akrab dengan pembaca. Anggap seperti kamu sedang mengobrol dengan mereka untuk mengurangi jarak.

Beberapa tips menulis di atas hanyalah sebagian. Mungkin ada di antara kalian yang ingin berbagi pengalaman dan tipsnya sila tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

(source : https://blog.idwebhost.com/redaksi/catat-7-tips-jitu-menulis-artikel-yang-baik)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Ingin Menulis Artikel yang Baik? Ini Tips-nya.. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih