PEKANBARU - Dari pantauan Relawan RZ, Hari ini (16/09) Indeks Standar Pencemaran Udara atau ISPU di Pekanbaru menunjukan bahwa kualitas udara di Pekanbaru masih dalam status "BERBAHAYA". Tentunya ini sangat tidak baik bagi kesehatan masyarakat.

Bencana kabut asap terjadi sebagai akibat terbakarnya lahan dan hutan yang terjadi disebagaian besar pulau Sumatera dan Kalimantan. "Tidak ada jalan lain untuk mengatasi kabut asap ini selain turun aksi memadamkan api yang membakar hutan dan lahan tersebut," Papar Herlan, Koordinator Relawan RZ.

"Sulitanya memadamkan api tidak menjadi halangan bagi kami untuk berpartisipasi dalam mengatasi kabut asap ini. Setelah beberapa kali turun. Hari ini (16/09) sebanyak tujuh orang Relawan RZ Pekanbaru kembali turun kelokasi bergabung dengan TNI, Polri, Damkar, Manggala dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk memdamkan api yang membakar Hutan Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau," jelasnya

Herlan menambahkan, bahwa relawan RZ membuka kesempatan kepada pemuda-pemuda Pekanbaru untuk bergabung menjadi tenaga sukarelawan RZ dalam mengatasi kabut asap ini. "Silahkan untuk yang mau bergabung bersama kami bisa menghubungi Anto di nomor 085278631512," Tambahnya lagi.

Selain turun langsung kelokasi untuk memadamkan api, Relawan RZ turut serta membantu Cita Sehat Foundation (Klinin RBG RZ Pekanbaru) yang bekerjasama dengan dinkes provinsi Riau dalam mendirikan posko kesehatan Gratis di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya, JL. Hangtuah Ujung KM.11 (simpang tangor). Tujuan pembukaan posko pengobatan gratis ini adalah utk memberikan pelayann kesehatan yang prima kepada masyarakat dan lebih terjangkau.

Dalam pelayanan kesehatan dihari pertama tgl 15 september 2015, sebanyak 62 pasien mendatangi posko pengobatan gratis ini.pelayanan yang diberikan dalam pengobatan gratis ini antara lain cek kesehatan, obat-obatan gratis dan pembagian masker.

Warga yang berkunjung ke posko pengobatan gratis ini mengaku sangat terbantu dengan adanya posko pengobatan ini karena jarak pemukiman ke puskesmas atau layanan kesehatan lumayan jauh.

"Posko pengobatan gratis ini dibuka setiap hari mulai dari tanggal 15 sampai dengan 25 september 2015 dari pukul 09.00 wib sampai 21.00 WIB," jelas Emi Susanti, Kepala Cabang Klinik RBG RZ Pekanbaru. (ali/rz)

G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Status Udara Berbahaya, Relawan RZ Siaga di Lokasi Bencana . Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih