Subang, 60 Menit.com -  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berkeinginan untuk mempercepat  pembangunan pelabuhan Internasional di di Pantai Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Subang. Dengan selesainya pembangunan pelabuhan internasional ini kata Aher konektivitas pembangunan di Jabar akan semakin kuat, sehingga visi menjadi provinsi termaju di Indonesia bisa terealisasi. Sebelumnya pemprov Jabar juga telah menggenjot pembangunan tol, bandara, dan kereta api cepat.

"Sehingga nantinya layanan kepada masyarakat akan semakin membaik karena mobilitas barang dan orang semakin terbuka baik di moda darat, udara, dan laut," ujarnya di Gedung Pakuan, Sabtu (23/1/2016).

Saat ini rencana pembangunan pelabuhan masih dalam tahap rencana kelayakan (feasibility studies/FS) yang sepenuhnya dilakukan Kementerian Perhubungan. Pemprov Jabar menurut Aher akan mendukung dari sisi regulasi dan mengawal pelaksanaannya seperti proyek-proyek sebelumnya.

Dengan dibangunnya pelabuhan di Subang, maka proses pengiriman bagi industri manufaktur yang berlokasi di Jabar akan lebih mudah sehingga akan menekan ekonomi biaya tinggi. Dari sisi produktivitas, ekspor Jabar melalui pelabuhan di Jabar pun diproyeksikan akan meningkat dengan sendirinya.

"Jabar menyumbang hampir 60% manufaktur Indonesia, tapi proses pengiriman semua lewat Tanjung Priok, sehingga dampak ekonomi besarnya malah ke Jakarta. Dengan adanya pelabuhan ini nantinya semua tidak lagi bergantung ke Tanjung Priok" pungkasnya.
(Edi. K)




G+

Anda baru saja membaca artikel tentang Gubernur Akan Genjot Pembangunan Pelabuhan Internasional di Subang. Jika Anda menyukai Artikel ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel terbaru dari 60Menit.com
feedburner

0 komentar:

Cari Apa Saja di 60Menit.com

60Menit.com © 2016. All Rights Reserved.
Template Oleh SEOCIPS | Creative by abiShalih