-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


DISPARBUDPORA AKAN SELEKSI 3 DESA WISATA UNGGULAN

60menit.com
Minggu, 26 Maret 2017

KERINCI 60Menit.com - Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Parawisata Budaya Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Kerinci, dalam waktu dekat akan menyeleksi desa dalam Kabupaten Kerinci untuk dijadikan tiga desa wisata yang bakal jadi ikon di dalam Kabupaten Kerinci.

Upaya dalam menyeleksi desa di kerinci yang bakal di jadikan desa wisata bertujuan untuk menindaklanjuti branding wisata yang disandang Kabupaten Kerinci, pengelolaannya akan dilaksanakan desa itu sendiri dengan peningkatan desa yang dilaksanakan Disparbudpora.

Kepala Dinas Parbudpora Kerinci, H.ARDINAL.K.S.Pd M.Si.di ruang kerja nya beberapa waktu yg lalu kpd dimensi dia mengatakan untuk tahun 2017 , pihaknya memprogramkan pelaksanaan peningkatan pariwisata di Kabupaten Kerinci. Salah satunya dengan membentuk tiga desa wisata unggulan dalam Kabupaten Kerinci, yang akan menjadi salah satu ikon wisata Kerinci.

Dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya akan menyeleksi desa di Kerinci didasarkan atas usulan dari pemerintah Kecamatan, yang setiap kecamatannya akan mengusulkan nama desa yang ingin dimasukkan menjadi desa wisata Kerinci.jelas nya.

"Kita telah mengintruksikan kepada Camat, agar mengusulkan 1 Desa diwilayah masing-masing, untuk dijadikan Desa wisata,"ungkapnya.

Dikatakannya, secara umum Kerinci memiliki 16 kecamatan, dengan begitu bakal ada 16 desa yang akan diusulkan kepada pihaknya untuk menjadi desa wisata. Namun yang jelas yang diusulkan disesuaikan dengan kriteria yang telah ditetapkan pihaknya.

Setelah usulan desa wisata sampai ke tangan pihaknya, langkah selanjutnya pihaknya akan menurunkan tim kedesa yang diusulkan tersebut, untuk menilai kelayakan dari desa tersebut untuk menjadi desa wisata didalam Kabupaten Kerinci.

"Dari 16 Desa wisata yang diusulkan,  akan dipilih Tiga Desa wisata terbaik, untuk menjadi Desa wisata unggulan Kabupaten Kerinci tahun 2017,"terangnya.

Tujuan program tersebut, lanjutnya tidak lain dalam mendukung usaha Pemkab kerinci dalam memajukan pariwisata Kerinci dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kerinci."Tujuan program ini dalam rangka menyongsong Kabupaten Kerinci telah menjadi Branding pariwisata," sebutnya.(MHYDN).