-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Jelang Lebaran Kapolres Sumedang Sinergikan Kamtibmas Berbagai Elemen Pemerintah dan Masyarakat

60menit.com
Senin, 21 Mei 2018


Kapolres Sumedang (AKBP Hartoyo, S.Ik, M.H.) Bersama Wartawan 60Menit.com.


SUMEDANG, 60MENIT.COM - Jelang Hari Raya Iedul Fitri atau Lebaran 1439 H yang akan tiba dalam waktu kurang dari sebulan ke depan, intensitas tugas dan  kegiatan di institusi kepolisian Polres Sumedang semakin meningkat.


Menurut Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo, S.Ik, MH., jelang Ramadhan lalu pihaknya sudah dua kali menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral, pertama dua hari pasca dirinya menjabat Kapolres (25/4) lalu.


Yaitu bersama satuan tugas (satgas) pangan Polres Sumedang untuk memastikan ketersediaan pangan dan menekan kenaikan harga yang biasanya terjadi menjelang lebaran.


"Kedua pada 8 Mei lalu kita laksanakan rakor lintas sektoral juga terkait dengan aktifitas menjelang ramadhan", sebutnya kepada 60MENIT.COM belum lama ini di ruangan kerjanya.


Kita undang seluruh komponen dan elemen masyarakat dan instansi terkait dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas di sumedang yang aman dan kondusif, lanjut Hartoyo.


"Hadir pada rakor kedua ini diantaranya Dinas perhubungan, Bina Marga, PUPR, dan Jasa Marga.  Satkernya kita panggil semua untuk koordinasi pengamanan nanti pada arus mudik dan arus balik.


Kemudian kita cek juga kesediaan pangan dan sembako, untuk menekan kenaikan harga. Terakhir kita gelar rakor pada Senin (14/5) lalu, yaitu gelaran rakor kamtibmas.


Kita undang selain instansi terkait yaitu ormas, okp dan ulama dalam rangka sama-sama menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah polres sumedang", tutur mantan Kasubdit IV Tipidter Ditkrimsus Polda Jabar ini. 


Selanjutnya terkait dengan terorisme, Mantan Kasubdit Paminal Polda Jabar ini menerangkan bahwa seluruh elemen terkait dan masyarakat dikumpulkannya untuk melawan, "kita tidak takut", tegasnya.


"Sumedang tidak takut pada teroris dan kita sama-sama melakukan pengawasan untuk menekan embrionya.  


Selain itu untuk menjaga kestabilan harga pangan jelang lebaran satgas pangan melakukan sidak setiap minggu yang dikoordinir sama polda, setiap hari kita laporan.


Dua minggu terakhir terus menerus kita lakukan sidak di pasar, yang pertama saya sendiri dengan dinas instansi terkait, kedua dilakukan kasat reskrim minggu kemarin.


Jadi sudah berkali-kali kita lakukan sidak, selanjutnya kita ada program dengan pemerintah daerah yaitu pembagian ribuan paket sembako murah sekitar 15 ribu paket.


Biasanya digelar menjelang iedul fitri atau pertengahan Ramadhan. Kemudian untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat kita lakukan taraweh keliling.


Bukan hanya kapolres tapi semua kapolsek dan bhabinkamtibmas kita perintahkan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan taraweh keliling ke musola-musola dan mesjid-mesjid yang ada di seluruh wilayah sumedang", pungkas Hartoyo. (Yusman)