-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Perbaikan Groundsill dan Pemasangan Bronjong di Sungai Cijolang Diduga Proyek Siluman Patut Dipertanyakan

60menit.com
Selasa, 18 Juni 2024

Tampak depan Proyek Bronjong Sungai Cijolang Ciamis perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah (Pidin)


60Menit.com, Ciamis | Proyek pemasangan Bronjong di Sungai Cijolang yang terletak di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadi sorotan.


Berdasarkan pantauan di lapangan pada Selasa (18/6/2024) proyek yang berbeda di sungai cijolang ini diduga sebagai "proyek siluman" karena tidak ada papan nama yang menginformasikan rincian proyek, seperti yang diwajibkan oleh undang - undang keterbukaan informasi publik (KIP) Nomer 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomer 54 Tahun 2010 serta Nomor 70 Tahun 2012.


Tim Investigasi menemui salah seorang warga setempat MM, mengungkapkan kekecewaannya karena pengerjaan perbaikan Groundsill dan pekerjaan bronjong diduga kurangnya pengawasannya dan tim perencanaan kurang baik masa pekerjaan baru beberapa Minggu sudah bocor lagi dan kami pun sudah beberapa kali melaporkan masalah ini.


Tampak pekerja sedang melaksanakan pemasangan bronjong.


Tim mencoba menanyakan ke beberapa pekerja yang ada di lokasi proyek, mereka menjawab hanya melakukan pekerjaan sesuai intruksi entah anggaran dari mana saya tidak tau. 


Dengan tempat terpisah Asep, seorang masyarakat dan pemerhati lingkungan lokal, juga mengkritik proyek ini karena tidak ada papan informasi tentang pekerjaan itu.


Hasil pekerjaan sedang berjalan tapi sudah rusak.


"selain itu material (batu)  yang di pasangkan mengambil di lokasi itu. Saya itu tidak benar dalam R.A.B pasti harus membeli. sedangkan ini anehnya batu mengambil di lokasi dan anehnya di biarkan. Kemana saja fungsi pengawasannya. Sedangkan yang di kerjakan, Groundsill untuk penahan lumpur takut pipa yang di bawah untuk mengairi yang ke wilayah Jawa tengah bocor." Ujarnya.


Asep berharap agar pemerintah dan aparat penegak Hukum (APH) ikut mengawasi proyek ini untuk memastikan transparansi dan kualitas pengerjaan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Masa baru beberapa Minggu sudah bocor lagi.


(P. Seprudin)