-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ridwan Kamil: Tahun 2016 Sungai di Bandung Bersih

60menit.com
Minggu, 29 November 2015

BANDUNG, 60MENIT.COM - Salah satu program prioritas pemerintah Kota Bandung di tahun 2016 adalah menjadikan sungai-sungai di Bandung bersih dari sampah.

Hal itu dikatakan Wali Kota Ridwan Kamil saat menghadiri workshop "babarengan bebenah sungai Cicadas" di Jalan Babakan Surabaya, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Minggu (29/11/2015).

"Ini sesuai target kami bahwa 2016 ini sungai di Bandung harus bersih, jadi jika ditanya sungai mana yang paling bersih, kita komitmenkan di Cicadas," ujar Ridwan.

Ridwan mengatakan di tahun 2016 targetnya adalah kebersihan sungai, setahun berikutnya di 2017 targetnya sungai terbebas dari limbah domestik dan limbah industri.

"Mudah mudahan dalam waktu tiga tahun sungai-sungai di Bandung sudah bersih, jalan -alan sudah bersih dan sistem kebersihan udah lebih baik," imbuhnya.

Ridwan pun berharap budaya kebersihan seperti gerakan pungut sampah (GPS) sudah dapat benar-benar membudaya, regulasi dapat dipatuhi dan infrastruktur pun akan dibenahi.

Lanjut Ridwan, kemungkinan akan dijadikannya wisata air di sungai cicadas ini masih perlu dikaji.

"Kita lihat debit air dulu, kalau debit air tinggi, sangat memungkinkan untuk dijadikan wisata," jelasnya.

Ridwan menjelaskan sungai-sungai di Bandung membelah berbagai kawasan mulai dari pusar bisnis, hutan kecil dan pemukiman. Untuk sungai yang melintas di pemukiman warga, sungai Cicadas dipilih menjadi sungai percontohan yang ditata dengan baik.

Karena kan di bandung ada yang membelah pusat bisnis, ada yang memberlah hutan kecil, ada yang membelah pemukiman, jadi ada percontohan-percontohn. Nah percontohan yang melewat pemukiman kita titip di cicadas, masih bisa dimenej dengan baik.

Penataan juga dilakukan untuk kawasan rumah yang berada di bantaran sungai.

"Tahun depan kita ngebut apartemen rakyat, di mana salah satunya ada transit apartemen, yang dimaksudkan memindahkan mereka-mereka yang tinggal ilegal di bantaran sungai ke pemukiman yang lebih layak.

Usai acara, Ridwan menyempatkan diri untuk menanam pohon di bantaran sungai dan menabur Ikan di Sungai Cicadas. (cev/zho)